Ketua Umum Kadin Menerima Bintang Jasa dari Belgia

By Admin

nusakini.com--Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P. Roeslani menerima penghargaan Bintang Jasa Utama dari Pemerintah Belgia atas perannya dalam memajukan hubungan bilateral khususnya di bidang kerjasama ekonomi. 

Penghargaan Commander in the Order of Leopold of Belgium itu diberikan oleh Duta Besar Kerajaan Belgia untuk Indonesia Patrick Herman di kediamannya di Jakarta belum lama ini.

Selain Ketua Umum Kadin yang diketahui juga merupakan alumni dari Antwerpen European University di Belgia, penghargaan juga diberikan kepada mantan Menteri Perindustrian Saleh Husin, Wakil Ketua Umum Kadin bidang Hubungan Internasional, Shinta W Kamdani dan mantan Duta Besar Indonesia untuk Belgia, Luksemburg, dan Uni Eropa Arif Havas Oegroseno. 

Bintang jasa Commander in the Order of Leopold of Belgium merupakan penghargaan nasional Belgia tertinggi kepada individu yang dinilai berjasa bagi Belgia. Sebelumnya, penghargaan yang sama juga telah diberikan kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla pada 2009. 

Hubungan Indonesia dan Belgia telah terjalin sejak lama. Pada 1949, Belgia menjadi salah satu dari negara-negara Eropa pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. 

Pada Maret 2016, Putri Astrid, saudara perempuan dari Raja Philippe, memimpin misi ekonomi Belgia ke Indonesia. Presiden Joko Widodo mengunjungi Belgia pada bulan April 2016 dan bertemu dengan Raja Belgia. (p/ab)