Kesiapan Venue dan Penataan Kawasan GBK Sudah 99 Persen

By Admin

nusakini.com--Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengecek kesiapan venue dan penataan kawasan di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, kemarin. 

Menteri PUPR mengklaim secara keseluruhan kesiapan 76 venue Asian Games yang ada di Jakarta, Palembang dan Jawa Barat sudah 93%. Sementara, untuk venue yang ada di Kompleks GBK sudah selesai 99 persen.  

Selain di Jakarta, Kementerian PUPR juga membangun venue dayung dan shooting range di Jakabaring Sport City, Palembang juga telah rampung.  

“Venue Dayung yang kita bangun di Palembang adalah yang terbaik di Asia. Demikian pula venue Jetski di Ancol. Sementara untuk venue lainnya dibangun dengan mengikuti standar internasional,” jelasnya.  

Menteri Basuki juga menceritakan penyelenggarakan Asian Games 2018 di Indonesia merupakan momentum ke dua setelah digelar tahun 1962 lalu dengan jumlah peserta hanya 1.100 atlit untuk kurang dari 20 cabang olahraga. Penyelenggaraan Asian Games 2018 akan melibatkan 15 ribu atlit dengan 40 cabang olahraga.  

Oleh karenanya, secara teknis semua venue harus tersertifikasi secara internasional sesuai cabang olahraganya masing-masing.  

Mengenai pendanaan untuk pemeliharaan Kompleks GBK, ia mengatakan kepada pihak pengelola GBK bahwa semua venue didesain multi fungsi yang bisa menjadi sumber pemasukan, sehingga untuk pemeliharaannya bisa dilakukan secara mandiri. 

Dikutip dari rilis resmi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR, pembangunan dan renovasi venue dan bangunan pendukung di kompleks GBK dilaksanakan sejak tahun 2016 dengan total anggaran Rp3,7 triliun.  

"Untuk anggaran di Kompleks GBK secara keseluruhan mencapai Rp3,7 triliun," terang Menteri PUPR.  

Sementara itu, untuk mendukung promosi Asian Games, Menteri PUPR telah menginstruksikan agar pegawai Kementerian PUPR baik di pusat maupun balai-balai dan satuan kerja di seluruh Indonesia turut terlibat. (p/ab)