Kerjasama Universitas Airlangga dengan Universitas di Istanbul

By Admin

nusakini.com--Konsulat Jenderal RI Istanbul menjadi tuan rumah pertemuan kerja antara Universitas Airlangga dengan beberapa perguruan tinggi di Istanbul dan sekitarnya, yaitu Fatih Sultan Mehmet (FSM) Vakıf Üniversitesi, İstanbul Teknik Üniversitesi (İTÜ), Kırklareli Üniversitesi, dan Koç üniversitesi.

Pada kesempatan tersebut, pihak Unair bermaksud menjajaki pembinaan hubungan kerjasama dengan mitra perguruan tinggi di Turki, dengan memperkenalkan keunggulan dan pengalaman program kerjasama internasional Unair yang telah dibina dengan berbagai perguruan tinggi mitra di 31 negara di dunia. 

Pertemuan dihadiri oleh Prof. Dr. Ni Nyoman Tri Puspaningsih, Dra., M.Si (Direktur Eksekutif Global Engagement Universitas Airlangga), Enis Mansur Anas (Koordinator Hubungan Internasional FSM Üniversitesi), Cafer Özkul (Koordinator Hubungan Internasional İTÜ), Neriman Bahadır (Kepala HI Kırklareli Üniversitesi), dan Melissa Abache (Manager Global Engagement Koç Üniversitesi). 

Pada kesempatan itu, Prof. Dr. Ni Nyoman Tri Puspaningsih, Dra., M.Si menyebutkan beberapa keunggulan studi di Unair seperti Kota Surabaya sebagai kota metropolitan kedua di Indonesia sekaligus 2nd world's happiest city (Gallup Poll, 2016), dan Unair sebagai universitas unggulan dengan pusat riset yang maju dalam bidang sel induk dan penyakit menular tropis, serta prestasi Unair sebagai universitas terbaik peringkat kelima di Indonesia dan ke-171 di Asia (2017). 

Beberapa program yang ditawarkan oleh Unair pada kesempatan ini adalah: Amerta (Academic Mobility Exchange for Undergraduate/Master Program 1 tahun), Airlangga Summer Program selama 1 bulan, Ceria (Community Empowerment Program), Airlangga Development Scholarship, dan program lainnya seperti program pertukaran, magang, konferensi internasional, dan visiting fellows/professors. Beberapa departemen Unair juga telah memiliki program internasional, yakni Departemen Kedokteran, Kedokteran Gigi, Kedokteran Hewan, Hukum, dan Akuntansi. 

Presentasi dari Unair tersebut mendapatkan sambutan yang antusias dari wakil-wakil keempat perguruan tinggi yang hadir. Pertemuan tersebut berlangsung sangat produktif dengan masing-masing pihak menawarkan program kerjasama unggulan yang dapat dibina dengan pihak Unair, diantaranya program pertukaran mahasiswa dan dosen pengajar, program musim panas, program perkenalan Bahasa Turki, dan penjajakan peningkatan kerjasama pada tingkat rektorat. 

KJRI Istanbul yang diwakili oleh Dandy F. Soeparan (Konsul Protokol dan Konsuler) menyampaikan salam hangat dari Bapak Konsul Jenderal RI Istanbul Herry Sudradjat yang sedang bertugas di Indonesia, dan mengemukakan harapan agar ke depannya peningkatan saling kunjung dan kerjasama antara mahasiswa dan akademisi Indonesia-Turki dapat semakin memajukan kualitas dan kuantitas hubungan masyarakat antara kedua negara. 

Selama berada di Istanbul, tim Global Engagement Unair juga akan menghadirkan stan Unair pada pameran Eurasia Higher Education Summit (EURIE) 2018, bertempat di Istanbul Convention Center (ICC) pada tanggal 14-16 Februari 2018.