Kerjasama LIPI- PT RNI Diharap Lebih Luas ke Depan

By Admin

Foto: Dokumentasi LIPI  

nusakini.com - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) resmi menjalin kerja sama untuk hilirisasi hasil penelitian dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) pada Kamis (2/3/2017). Ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara kedua belah pihak untuk adopsi teknologi Kit Diagnostic Kanker Payudara.

Kepala LIPI, Iskandar Zulkarnain berharap kerja sama antara LIPI dengan PT RNI tidak terbatas pada produk penelitian itu saja. Artinya ke depan, kerja sama antara dua institusi ini diharapkan lebih luas lagi dengan menjangkau bidang lainnya. 

“LIPI berhasil membuat alat pendeteksi kanker panyudara dan diharapkan proses kerja sama ini bisa membuat hasil penelitian LIPI semakin bermanfaat di masyarakat. Dan, kami masih memiliki produk penelitian lainnya dan potensi kerja sama juga masih terbuka,” ungkap Iskandar. 

Iskandar mengatakan, jalinan kerja sama antara LIPI dan PT RNI diharapkan secara implementasi berjalan dengan baik. Sehingga, kendala selama ini bahwa lembaga penelitian kesulitan mengimplementasikan produk penelitian ke industri menjadi terpecahkan. “Jadi, hasil penelitian tidak hanya sampai pada prototipe saja,” sambungnya. 

Sementara itu, Agung P Murdanoto, Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi PT RNI menyampaikan apresiasi dan menyambut positif kerja sama dengan LIPI. Lebih lanjut, tidak menutup kemungkinan kerja sama ini akan berlanjut pada produk penelitian lainnya. “PT RNI adalah salah satu BUMN yang menangani bidang farmasi dan alat kesehatan dimana LIPI juga telah banyak melakukan penelitian di bidang tersebut,” jelasnya. 

Dia mengharapkan, penjajakan kerja sama bidang lainnya dengan LIPI segera ditindaklanjuti, terutama menyangkut bidang farmasi, kosmetik, dan alat kesehatan. “Kami berharap semoga kerja sama ini memajukan pengembangan penelitian farmasi di Indonesia,” tutupnya. (p/mk)