Kereta Api Indonesia Kembali Menghiasi Jalur Kereta Api Antarkota di Bangladesh

By Abdi Satria


nusakini.com-​Bangladesh-Kereta Api buatan salah satu perusahaan kebanggaan Indonesia, PT. INKA resmi diluncurkan pekan lalu. Peluncuran perdana kereta api yang diberi nama Bonolata Express tersebut dihadiri langsung oleh Menteri Kereta Api Bangladesh, Md. Nurul Islam Sujon. Upacara peluncuran di Kota Rajshahi, terasa semakin istimewa dengan hadirnya Perdana Menteri Bangladesh, Yang Mulia Sheikh Hasina melalui video-conference untuk secara seremonial menandakan peluncuruan perdana Bonolata Express. Kereta api Bonolata Express beroperasi secara komersil pada i 27 April 2019 dan  melayani rute Rajshaji-Dhaka-Rajshahi secara non-stop.  

Bagi Indonesia, persemian Bonolata Express merupakan sebuah peristiwa yang membanggakan dan monumental. Peluncuran kali ini secara resmi menandakan kali ke-3 PT. INKA dapat menembus pasar kereta api di Bangladesh, dimana sejak tahun 2006, PT. INKA telah berhasil memasok sebanyak 450 kereta api ke Bangladesh. Sebuah bukti nyata bahwa industri kereta api milik Pemerintah Indonesia mampu bersaing di pasar internasional, tambah Dubes RI untuk Bangladesh, ujar Duta Besar RI untuk Bangladesh, Ibu Rina P. Soemarno.   

  Duta Besar Rina P. Soemarno menambahkan bahwa Pemerintah Indonesia, melalui KBRI Dhaka, dalam beberapa tahun terakhir secara aktif berupaya untuk lebih meningkatkan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Bangladesh, khususnya di bidang perdagangan dan investasi. Upaya tersebut semakin ditunjukan dengan pelaksanaan kunjungan kenegaraan Presiden RI, Joko Widodo ke Bangladesh selama 3 hari, pada 25-27 Januari 2018. Dari kunjungan tersebut sebanyak 5 kesepakatan kerja sama dalam bentuk penandatanganan MoU berhasil dilakukan,  

Bonolata Express telah lama dinantikan peluncurannya oleh penduduk Bangladesh. Penantian tersebut dimulai sejak PT. INKA pada awal tahun ini telah berhasil mengirim 50 gerbong kereta api dari total 250 gerbong yang telah disepakati ke Bangladesh. Kereta api buatan PT. INKA tersebut akan bersaing dengan 3 kereta antarkota lain yang telah ada lebih dulu, yaitu Silk City Express, Padma Express, dan Dhumketu Express.  

Pada saat upacara peluncuran, Menteri Nurul Islam Sujon menyatakan bahwa Bonolata Express merupakan kereta kecepatan tinggi yang dapat mempersingkat waktu tempuh dari Rajshahi ke Dhaka, waktu tempuh sebelumnya yang memerlukan 6 jam perjalanan dipersingkat menjadi hanya 4,5 jam saja. Hal ini merupakan hal yang sangat krusial bagi Pemerintah Bangladesh ditengah upaya mereka untuk semakin meningkatkan konektivitas antarakota di Bangladesh. 

Masyarakat Bangladesh sangat antusias menyambut peluncuran kereta api Bonolata Express. Antusiasme tersebut terlihat dari banyaknya masyakarat dari berbagai penjuru Bangladesh yang hadir pada upacara peluncuran kereta api Bonolata Express di Stasiun Kereta Rajshahi.​(p/ab)