Keren! Bocah Kelas 5 SD Bikin Rumah Mini Bertenaga Surya

By Admin


nusakini.com - Setiap orang tentu membutuhkan ruang pribadi untuk sekedar menghabiskan waktu atau menenangkan diri dari penatnya aktivitas. Apa yang dilakukan oleh murid kelas 5 Sekolah Dasar (SD) ini mungkin bisa menjadi inspirasi bagi anda yang hendak membuat ruang pribadi milik anda sendiri.

Dilansir inhabitat, gadis berusia 10 tahun bernama Callie Hilton membuat sebuah rumah mini yang dapat digunakan untuk sekedar bersantai sambil membaca buku favorit atau bermain game kesukaan.

Yang tak kalah mengagumkan, rancangan yang ia buat mampu menampung tenaga surya yang dikumpulkan melalui panel surya kecil yang dipasang di bagian atap.

Dengan memanfaatkan sumber daya dan material yang biasa tersedia di rumah, ia hanya menghabiskan dana sebesar USD10 atau setara Rp134 ribu (kurs Rp13.384 per USD).

Proyek yang diberi nama Callie Coop terinspirasi dari namanya sendiri ini merupakan tugas sekolahnya, di mana ia diberi tugas untuk membuat sebuah proyek yang mendukung pemanfaatan tenaga surya.

Di dalam rumah mini tersebut terdapat 2 ruangan yang masing-masing memiliki fungsinya sendiri. Ruang yang 1 digunakan untuk tidur, sementara yang 1 lagi digunakan untuk menyimpan sejumlah keperluan.

Lampu penerangan di dalam ruang tidur memanfaatkan energi dari matahari, sehingga ramah lingkungan dan minim biaya pengeluaran. (oz/om)