Kepulauan Seribu Targetkan Bikin 23 Bank Sampah

By Admin


nusakini.com - Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Kepulauan Seribu, Fera Budi Utomo, menargetkan seluruh RW di wilayahnya memiliki bank sampah. 


Hingga saat ini, menurut Fera, dari 23 RW di Kepulauan Seribu baru ada dua yang memiliki bank sampah. Satu Bank Sampah Punaga Jaya di RW 01 Kelurahan Tidung dan satu lagi di RPTRA Pulau Pramuka.


"Saya meminta agar bank sampah diperbanyak di Kepulauan Seribu, yaitu satu bank sampah di setiap RW," ucap Fera, saat menghadiri Gebyar Posyandu di Kelurahan Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan.


Pembangunan bank sampah, lanjut Fera, selain membantu pemerintah dalam menanggulangi sampah di pulau, juga bisa menambah penghasilan warga. 


Dia mengaku, ada beberapa kendala dalam pembangunan bak sampah di Kepulauan Seribu. Salah satunya adalah masalah transportasi untuk menjual produk hasil bank sampah ke daratan. 


"Memang perlu sarana transportasi sendiri untuk menjual produk bank sampah ke daratan. Ini mungkin salah satu kendalanya," tandas Fera. (pr/kj/al)