Kepedulian Kemanusiaan Melalui Donor Darah di Karachi

By Admin

nusakini.com-- Dalam rangka memperingati kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, bertempat di Konsulat Jenderal RI di Karachi, telah dilakukan kegiatan kemanusiaan donor darah akhir pekan lalu.

Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama antara Afzaal Memorial Thalassemia Foundation (AMTF) dengan KJRI Karachi. Kegiatan ini menjadi kegiatan rutin yang dilakukan KJRI menjelang peringatan hari ulang tahun RI. 

Tercatat lebih dari 70 orang kandidat yang terdiri dari komunitas masyarakat Indonesia yang berdomisili di Karachi dan sekitarnya dan counterparts yang hadir untuk menyumbangkan darahnya, namun sesuai hasil seleksi oleh tim AMTF, tidak semuanya berhasil menjadi pendonor. Kondisi kesehatan, batasan usia, tekanan dan kandungan darah pada saat mengikuti pemeriksaan menentukan lolos tidaknya calon pendonor. 

Mr. Shaikh Zaki Ahmed, Presiden AMTF menyampaikan apresiasi yang tinggi dan rasa terima kasih atas inisiatif KJRI Karachi atas kepedulian sosial dan kemanusiaan atas penderita thalassemia di Pakistan. Mr. Ahmed berharap melalui kegiatan ini dapat mempererat dan meningkatkan hubungan sosial masyarakat kedua negara. 

Dempo Awang Yuddie, Konsul Jenderal RI dalam kesempatan ini juga menyampaikan apresiasi yang tinggi dan terima kasih kepada AMTF dalam penyelenggaraan donor darah ini. Ungkapan rasa terima kasih patut juga disampaikan kepada pendonor karena hal ini merefleksikan tingginya jiwa kepedulian sosial masyarakat Indonesia dan counterparts kepada masyarakat Pakistan yang menderita penyakit thalassaemia dan berharap kegiatan kemanusiaan ini dapat terus berlanjut di masa mendatang, sehingga akan memberikan kontribusi yang berkelanjutan terhadap peningkatan hubungan antarmasyarakat kedua negara dan memberikan manfaat sebagai wadah untuk menumbuhkan semangat persatuan dan persaudaraan bagi sesama warga negara Indonesia yang berada di Provinsi Sindh.(p/ab)