Kepala P3E SUMA Menyambut Baik Rencana Event Makassar '19

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku (P3E Suma) Dr. Ir. Darhamsyah, M.Si selaku Dewan Pelindung PFI menerima audiensi Ketua Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) Sulawesi Selatan Ir. Andi Zulfadli Samad Thahir di ruang kerjanya. Hadir mendampingi Kapus, Kepala Sub Bidang Hutan dan Hasil Hutan Mustari Tepu, S.Hut., M.Sc dan Plt. Kepala Sub Bidang Tindak Lanjut Faizal Muis, S.Si., M.Si. Pertemuan ini dalam rangka persiapan kegiatan Makassar 19, sebuah event yang mempertemukan para Filatelis dari seluruh Indonesia dan bahkan dari internasional. Makassar menjadi tuan rumah kedua kalinya sejak tahun 1997. Kegiatan ini mengambil tema "Philately for unity in Millenial Era" dan subtema "Philately and sustainability". Bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan adalah Pameran Nasional Filateli, Rapat Tahunan Nasional, Lokakarya dan Pameran Bination antara Indonesia dan UAE.

"Filateli merupakan hobby yang asyik dan menyenangkan dan tak ada matinya" ujar Darhamsyah.

Di tempat yang sama Zulfadli menyampaikan bahwa kegiatan akan dikemas secara apik agar anak muda millenial dapat lebih mencintai dunia filateli khususnya prangko "prangko itu identitas sebuah negara yang berdaulat dan merdeka. Tidak ada satu pun negara di dunia yang tidak memiliki prangko, contohnya Timor Leste dan Sudan Selatan, mereka punya prangko sendiri" ujar Zulfadli.

Sementara itu Mustari menyampaikan bahwa sebagai penghargaan terhadap upaya pelestarian keanekaragaman hayati Sulawesi Selatan maka ada 4 ikon fauna akan dipamerkan dalam bentuk prangko adalah Dare (Macaca maura), Rangkong (Rhyticeros cassidix), Kuskus (Tarsius fuscus) dan Kupu-kupu (Graphium androcles). Keempat jenis fauna tersebut dapat ditemui di kawasan konservasi Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. 

Kegiatan tersebut akan berlangsung pada tanggal 17 s.d. 21 Oktober 2019 di Main Hall Trans Studio Makassar (R/Rajendra).