Kenaikan Status Polda Harus Diikuti Perbaikan Pelayanan

By Admin

nusakini.com-- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengatakan bahwa kenaikan status Polda harus diikuti tuntutan perbaikan kualitas yang ada di dalamnya. "Dengan kenaikan status tentu banyak perubahan dari sisi manapun. Salah satunya adalah kualitas pelayanan publiknya," ujar Menteri saat meninjau kesiapan kenaikan status Polda Riau dari tipe B ke tipe A, Rabu (7/9). 

Dalam kunjungannya yang didmapingi Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Rini Widyantini serta Deputi Bidang Pelayanan Publik Diah Natalisa, Asman mengatakan bahwa pelayanan publik merupakan salah satu penilaian untuk kenaikan status Polda. Karena itu, Menteri mendorong agar inovasi yang telah diterapkan di sejumlah Polres di Jawa Timur dapat diterapkan di Polda Riau. 

Dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, Menteri Asman mendorong instansi pemerintah untuk mencontoh inovasi pelayanan publik yang telah berhasil diterapkan dan berdampak baik untuk masyarakat. "Sekarang tidak perlu lagi studi banding. Studi tiru saja. Inovasi yang sudah ada tinggal ditiru saja, copy paste," ujarnya. 

Menteri Asman mengatakan bahwa kedatangannya ini untuk melihat secara langsung kondisi Polda Riau. "Saya ingin lihat ke lapangan sendiri. Apakah Polda ini betul-betul siap," ujarnya. (p/ab)