Kemudahan Peroleh Layanan Kesehatan Melalui JKN-KIS

By Admin


Nusakini.com--Cirebon--Milawati, 27 tahun, warga Cangkol Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon adalah salah satu dari sekian banyak peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang telah merasakan manfaat Program JKN-KIS yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Pasalnya Program JKN-KIS telah membantu Milawati menjamin Kesehatan ia dan keluarganya ketika mereka memerlukan pelayanan kesehatan.

Milawati adalah seorang pegawai swasta yang bekerja di perusahaan air mineral di wilayah Cirebon. Selain bekerja sebagai seorang Pegawai Swasta, ia juga merupakan Ibu dari seorang anak yang saat ini telah berusia 5 tahun.

Milawati telah menjadi peserta JKN-KIS sejak beberapa tahun yang lalu dikarenakan orang tuanya seorang PNS. Ketika sudah menikah dan bekerja, ia mengubah status kepesertaannya menjadi Peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) yang ditanggung perusahaan tempatnya bekerja. Dalam kesehariannya, Milawati biasa menggunakan manfaat kartu JKN-KIS nya untuk berobat di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat ia terdaftar. 

Milawati juga pernah menggunakan manfaat Program JKN-KIS ini di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), ia menceritakan pengalamannya ketika ia dan keluarganya merasakan manfaat dari Program JKN-KIS baru-baru ini, yaitu ketika anak pertamanya masuk Instalasi Gawat Darurat dikarenakan mengalami sakit demam berdarah. Seluruh biaya pelayanan Kesehatan dijamin sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan sesuai dengan prosedur. 

“Prosedur pelayanan program JKN-KIS sangat mudah, selain itu seluruh biaya perawatan anak pertama saya ditanggung oleh BPJS Kesehatan, pelayanan dari pihak Rumah Sakit juga sangat cepat dan baik, kami merasa puas dengan pelayanan Kesehatan yang kami peroleh” jelas Milawati.

Milawati sangat berterimakasih karena Program JKN-KIS telah membantu ia dan keluarga dalam menjamin kesehatannya. Oleh karenanya Milawati juga mengajak masyarakat agar segera mendaftarkan diri dan keluarganya menjadi peserta JKN-KIS. 

"Program ini sudah jelas manfaatnya dan menjadi pelindung kita saat sewaktu-waktu sakit, kita kan gak tau kapan kita sakit, makanya jangan ditunda lagi. Dengan mendaftar saat kita sehat akan membuat hidup kita menjadi tenang," tutup Milawati.(R/Rajendra)