nusakini.com--Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia menggelar  Seminar Internasional dan Pameran Foto bertajuk “Memberdayakan Rakyatnya, Memperkuat Negaranya: Konsistensi Dukungan Indonesia terhadap Palestina dalam Bidang Kerja Sama Teknis" di Jakarta, Selasa (5/12).

Seminar ini akan membahas dua agenda utama yaitu: pemanfaatan momentum rekonsiliasi internal Palestina untuk mendistribusikan bantuan kemanusiaan bagi kepentingan rakyat Palestina; dan pentingnya pengelolaan bantuan teknis sesuai dengan kebutuhan riil rakyat Palestina. 

​Pada kegiatan ini, Kementerian Luar Negeri mengundang peserta dari kalangan perwakilan negara-negara sahabat di Jakarta, kantor perwakilan PBB di Indonesia, perwakilan DPR, pemangku kepentingan yang relevan dari kalangan Pemerintah, civitas akademika, mitra pembangunan/donor internasional, serta menghadirkan narasumber nasional dengan bidang kompetensi yang relevan dengan tema seminar. 

Seminar akan membahas secara intensif lesson-learned dan best practices kegiatan bantuan capacity building di Palestina dari Pemerintah Indonesia melalui berbagai mekanisme, khususnya kerjasama teknik dan Kerja Sama Selatan-Selatan. Kegiatan juga akan mendiskusikan situasi Palestina pasca rekonsiliasi, guna mengidentifikasi jenis bantuan yang diperlukan. 

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi katalisator Kementerian dan Lembaga di Indonesia untuk memberikan bantuan kepada Palestina di berbagai sektor, khususnya di sektor pertanian, pariwisata, bidang kesehatan, infrastruktur, Usaha Kecil dan Menengah / UKM, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi / TIK.(p/ab)