Kemlu Briefing Perwakilan Asing Pasca Gempa Lombok

By Admin

nusakini.com--Sehubungan dengan terjadinya gempa bumi berkekuatan 7 skala Richter di Lombok pada tanggal 5 Agustus 2018, Direktorat Konsuler Kementerian Luar Negeri telah menyampaikan briefing kepada Perwakilan Negara Asing di Jakarta.

Briefing dimaksudkan untuk memberikan update perkembangan situasi di daerah terdampak gempa dan langkah-langkah penanganan yang dilakukan Pemerintah Indonesia. Hadir dalam pertemuan tersebut wakil-wakil dari BNPB, Basarnas, dan BMKG serta wakil dari 30 Perwakilan Negara Asing di Jakarta.  

Direktur Konsuler menyampaikan​ bahwa Pemerintah Indonesia sedang mengupayakan evakuasi warga yang terdampak bencana. Sampai saat briefing dilakukan, tercatat sebanyak 98 orang meninggal dunia yang merupakan Warga Negara Indonesia, dan sekitar 236 orang mengalami luka-luka. Sejauh ini, tidak terdapat Warga Negara Asing yang meninggal akibat peristiwa tersebut.  

Perwakilan Negara Asing yang hadir dalam pertemuan tersebut menyampaikan bela sungkawa kepada Pemerintah dan masyarakat Indonesia atas bencana alam yang terjadi di Lombok beberapa waktu terakhir. Selain itu juga disampaikan apresiasi kepada Pemerintah Indonesia atas penanganan bencana secara cepat tanggap.  

Untuk memudahkan koordinasi dan penyampaian informasi terkait penanganan WNA yang terdampak bencana gempa bumi di Lombok, Direktorat Konsuler menyampaikan nomor hotline yang dapat dihubungi setiap saat dan membentuk whatsapp group beranggotakan wakil Kemlu dan K/L terkait serta Perwakilan Asing di Jakarta. (p/ab)