Kemhan Berencana Pindahkan Industri Pertahanan ke Lampung

By Admin

nusakini.com-- Kementerian Pertahanan berencana akan merelokasi atau memindahkan tiga perusahaan Badan Usaha Milik Negara Industri Strategis (BUMNIS) yakni PT Dirgantara Indonesia, PT Pindad dan PT PAL Indonesia ke wilayah Provinsi Lampung. 

Rencana pemindahan perusahaan industri pertahanan tersebut ditindaklajuti dengan peninjauan dan kunjungan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu bersama Direktur Utama PT DI Budi Santoso, Dirut PT Pindad Abraham Mose, Dirut PT PAL Indonesia Budiman Saleh ke Kabupaten Tanggamus, Lampung, Kamis (24/8). Wilayah Kabupaten Tanggamus menjadi salah satu tempat atau wilayah yang dipertimbangkan oleh Kemhan untuk nantinya menjadi tempat relokasi.

Peninjauan dilakukan melalui udara menggunakan helikopter TNI Angkatan Darat. Selain itu, Menhan juga berkesempatan bertemu dan bertatapmuka dengan wakil Bupati Tanggamus Samsul Hadi, jajaran pejabat Muspida, tokoh adat dan Masyarakat Kabupaten Tanggamus.

Menhan menyampaikan bahwa pertimbangan pemindahan industri pertahanan ke luar Pulau Jawa karena saat ini sudah sangat padat penduduk sehingga tidak memungkinkan lagi dan tidak cocok sebagai sebuah tempat pembuatan produk-produk alat pertahanan. “Kenapa dibuat disini (Lampung), karena di Pulau Jawa sudah penuh tidak cocok lagi untuk membuat pabrik peralatan perang, karena bukan sekedar dibuat tapi dicoba”, jelasnya.

Menurutnya, kalau melihat dari beberapa negara seperti di Inggris dan Korea Selatan yang pernah dilihatnya secara langsung, industri pertahanannya terletak jauh dari pusat kota. “Saya lihat di Korea Selatan maupun di Inggris dan negara lain, industri pertahanannya berada jauh dari kota besar”, ungkap Menhan.

Kabupaten Tanggamus menjadi salah satu pilihan tempat yang cocok untuk relokasi industri pertahanan, untuk itu diharapkan semua masyarakat dapat mendukung agar rencana dpat terwujud. Dengan bantuan dukungan dan kerja sama yang baik untuk membangun industri pertananan maka secara otomatis juga membantu pembangunan Lampung.

SSI_0383Sementara itu, Wakil Bupati Tanggamus mewakili masyarakat Kabupaten Tanggamus menyampaikan meyambut positif tentang rencana pembangunan industri pertahanan oleh Kemhan di Kabupaten Tanggamus. Diungkapkannya, Kabupaten Tanggamus memiliki potensi yang besar dan luar biasa serta memiliki sumber daya manusia muda terutama di bidang kemaritiman.

Melalui rencana Kemhan tersebut nantinya diharapkan dapat membantu mewujudkan Kabupaten Tanggamus menjadi kawasan industri maritim. “Mudah – mudahan kedatangan Menhan bisa mendorong kabupaten Tanggamus menjadi kawasan industri maritim”, harapnya.

Turut pula mendampingi Menhan dalam peninjauan ini, Direktur Potensi Pertahanan (Dirjen Pothan) Kemhan Dr Sutrimo Sumarlan, Panglima Kodam II Sriwijaya Mayjen TNI Putranto, Kapuskom Publik Brigjen TNI Totok Sugiharto. (p/ab)