Kementerian PUPR Target Bangun 700 Ribu Rumah Untuk MBR Tahun Ini

By Admin


nusakini - Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan membangun 700 ribu rumah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan 300 rumah ribu bagi Non MBR pada tahun ini.

Menurut dia, program satu juta rumah, tidak hanya ditujukan untuk MBR saja, tetapi juga termasuk untuk pembangunan hunian non MBR. "Target itu lebih banyak dari tahun lalu sebesar 603 ribu unit untuk MBR," kata Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Syarif Burhanuddin di Jakarta, Rabu (27/4/2016).

Syarif mengungkapkan bahwa saat ini kebutuhan kepemilikan rumah untuk MBR jauh lebih dibutuhkan oleh masyarakat.

Untuk meningkatkan pembangunan rumah untuk MBR pemerintah juga saat ini terus mendorong pengembang untuk melaksanakan hunian berimbang.

"Bagi pengembang yang membangun hunian mewah maka harus juga membangun hunian menengah dan hunian murah dengan komposisi 1 hunian mewah, 2 hunian menengah, dan 3 hunian murah. Tapi bagi yang membangun hunian murah, tidak wajib membangun hunian menengah dan mewah," katanya.

Menurut Syarif saat ini pengembang enggan membangun rumah murah karena proses perijinan yang lama dan banyak maka saat ini Kementerian PUPR juga sedang menyusun penyederhanaan perijinan pembangunan perumahan.(ab)