Kementerian PANRB Dukung Pemkab Serang Wujudkan GCG

By Admin

nusakini.com-- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengapresiasi komitmen Pemerintah Kabupaten Serang dalam melakukan perbaikan tata kelola pemerintahan menuju good and clean government (GCG). Komitmen tersebut ditunjukkan Pemkab Serang dengan mengadakan sosialisasi dan bimbingan teknis Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan, M. Yusuf Ateh mengatakan, pihaknya mendukung langkah Pemkab Serang untuk meningkatkan akuntabilitas kinerja. “Untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik menuju good and clean government, implementasi akuntabilitas kinerja menjadi penting,” ujarnya di Serang, Rabu (04/05/2016). 

Dalam acara yang dibuka Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah itu, Ateh menjelaskan bahwa akuntabilitas kinerja merupakan bentuk pertanggungjawaban hasil kinerja instansi pemerintah dalam penggunaan uang negara. Hal ini merupakan cerminan sejauh mana kinerja yang telah dihasilkan atas kemanfaatannya bagi masyarakat. 

Dengan demikian, implementasi SAKIP diharapkan bisa mendorong percepatan reformasi birokrasi mencapai sasaran reformasi birokrasi, yaitu birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang efektif dan efisien, serta kualitas pelayanan publik yang baik. 

Dikatakan juga bahwa evaluasi akuntabilitas yang dilakukan oleh Kementerian PANRB bukan merupakan kompetisi atau perlombaan antar instansi, melainkan suatu pemetaan yang akan menghasilkan rekomendasi perbaikan penerapan manajemen kinerja di instansi pemerintah. “Hal itu diharapkan dapat mendorong tata kelola pemerintahan yang baik, dan mencapai tiga sasaran utama reformasi birokrasi,” ujar Ateh. 

Sebagai langkah awal dari perbaikan manajemen kinerja di lingkungan Pemkab Serang agar semakin berorientasi terhadap hasil, Ateh berharap agar Pemkab Serang terus berkomitmen untuk tidak berhenti melakukan berbagai perbaikan tata kelola pemerintahan. Dengan semakin baiknya manajemen kinerja, Ateh mengatakan bahwa Pemkab Serang dapat menjadi salah satu Kabupaten percontohan dalam penerapan manajemen kinerja yang baik. 

Dalam kesempatan itu, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, yang terpilih pada Pilkada serentak Desember 2015 lalu, mengharapkan dukungan dan pembinaan yang intensif dari Kementerian PANRB di awal masa pemerintahannya. Dokumen perencanaan Kabupaten Serang mulai dari perencanaan awal RPJMD sampai dengan evaluasi kinerja, imbuh Bupati, harus selaras dan menghasilkan suatu tata kelola pemerintahan yang baik di lingkungan Kabupaten Serang. “Dengan demikian, pada akhir masa jabatannya nanti dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta kepuasan para stakeholders, khususnya untuk masyarakat Kabupaten Serang,” tegasnya. (p/ab)