Kementerian ESDM Nilai Baik Pelaksanaan Sentralisasi Data

By Admin

nusakini.com --Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menilai ada baiknya pelaksanaan sentralisasi data pemerintah pusat. Hal itu dikatakan Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian ESDM Sujatmiko, Kamis (28/4/2016). "Kami menyambut baik instruksi Presiden Jokowi tersebut," ungkapnyam
Hanya saja, Sujatmiko menilai bahwa sentralisasi yang dimaksud oleh Presiden Jokowi terkait konteks sinkronisasi dan validasi.
"Dan tentu hal ini harus didukung semua pihak (kementerian dan lembaga) sesuai dengan Undang-Undang yang mendasarinya, sebagai bentuk akuntabilitasnya," ujarnya.
Sujatmiko juga menegaskan bahwa terkait data-data publik pemerintah tetap berpegang pada Undang-Undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik (KIP). "Kalau hak publik ya tentu masyarakat bisa akses," katanya.
Sebelumnya Presiden Jokowi meminta agar kementerian dan lembaga memusatkan data di Badan Pusat Statistik (BPS) sehingga seluruh data dan informasi yang diperlukan untuk memformulasikan kebijakan seragam (ab)