Kementerian ESDM akan Sederhanakan Regulasi Safety Culture, Akreditasi, dan Sertifikasi Ketenagalistrikan

By Admin

nusakini.com--Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan segera menyederhanakan 19 regulasi terkait Ketenagalistrikan pada awal tahun 2018. Hal ini sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo untuk melakukan penyederhanaan regulasi dalam rangka meningkatkan investasi. 

"Penyederhanaan regulasi ini untuk mendukung pelaksanaan Paket Kebijakan Ekonomi XV dan instruksi Presiden untuk melakukan penyederhanaan regulasi," ujar Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Andy Noorsaman Sommeng, di Jakarta, kemarin.

19 regulasi yang akan disederhanakan tersebut dibagi menjadi 3 Peraturan Menteri (Permen). "Total ada 19 regulasi, itu akan menjadi tiga. Jadi yang pertama itu Standar Nasional Indonesia (SNI), yang sudah disahkan. Kemudian yang kedua berkaitan dengan safety culture (budaya keselamatan) ketenagalistrikan. Ada yang rubuh, konslet, kebakaran, itu kan safety culture. Itu yang akan kita keluarkan Permen yang berkaitan dengan safety culture ketenagalistrikan," jelas Andy. 

"Kemudian yang terakhir, yang ketiga adalah berkaitan dengan akreditasi dan sertifikasi ketenagalistrikan. Ini tujuannya untuk melindungi konsumen dan melindungi pengusahanya juga," tambah Andy. 

Seperti diketahui, Menteri ESDM telah menandatangani Permen ESDM Nomor 2 Tahun 2018 tentang Pemberlakuan Wajib Standar Nasional Indonesia di Bidang Ketenagalistrikan, yang merupakan penyederhanaan dari sepuluh Permen dan satu Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM terkait SNI. (p/ab)