Kementan Pastikan Panen Padi di Januari-Maret

By Admin


nusakini.com - Blora - Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan pada bulan Januari hingga Maret 2018 merupakan masa panen di seluruh daerah pertanian di Indonesia. Sehingga stok pangan secara nasional diprediksi aman.

Direktur Jenderal (Dirjen) Holtikultura Kementrian Pertanian (Kementan), Spudnik Sujono Kamino menyampaikan hal tersebut saat menghadiri panen raya di Desa Tanjung Kecamatan Kedungtuban, Blora, Jum'at (19/1/2018).

"Kita kemari untuk melaksanakan panen, artinya ingin kita beritahukan ke publik secara keseluruhan sejak Januari itu kita terus panen dan stok sejatinya aman," paparnya.

Spudnik menyebutkan, Januari 2018, akan terjadi panen raya seluas 854 ribu hektare lahan pertanian, dengan produksi gabah 4,2 juta ton dan menghasilkan beras sebesar 2,7 ton. Pada Februari mengalami peningkatan sebanyak 1,64 juta hektare lahan yang panen, dengan hasil produksi 5,4 juta ton beras.

Sedangkan puncak panen raya, disebutkan Spudnik akan terjadi pada Maret. Ada seluas 2,3 juta hektare lahan pertanian yang akan panen raya. Memproduksi 11,8 juta ton gabah kering giling dan menghasilkan 7,4 juta ton beras.

"Artinya ada beras, tidak ada panic buying, antre beras itu tidak ada. Kita hanya ingin menunjukkan bahwa di Kementerian Pertanian sudah berbuat. Jajaran Pemerintah Daerah juga sudah berbuat. Itu intinya, kita untuk pangan aman," tegasnya. (b/ma)