Kementan Lakukan Percepatan Luas Tambah Tanam di Bengkulu

By Admin


nusakini.com - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Inspektorat Jenderal ikut berperan mensukseskan UPSUS PAJALE (Upaya Khusus Padi, Jagung dan Kedelai) melalui Percepatan Luas Tambah Tanam (LTT) di Provinsi Bengkulu.

Inspektur I, Susanto selaku penanggungjawab UPSUS Provinsi Bengkulu melaksanakan Rapat Konsolidasi dengan Dinas TPH dan Perkebunan Provinsi, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kab. Seluma beserta Danramil Kec. Sukaraja dilanjutkan dengan melakukan gerakan penanaman Padi di desa Bukit Peninjauan I, Bukit Peninjauan II dan Sukomulyo yang mempunyai hamparan seluas 290 ha.

Menurut Inspektur I, Susanto, target tanam pada musim tanam bulan Oktober 2016 - Maret 2017 di Provinsi Bengkulu seluas 140.986 Ha.

Sampai dengan 31 Januari 2017 telah tercapai seluas 47.856 ha atau 33,94%. Salah satu yang masih rendah realisasinya adalah Kabupaten Seluma yaitu seluas 4.809 ha atau 23,11% dari target seluas 20.809 ha.

Untuk itu perlu ada evaluasi pencapaian target tanam dan membahas strategi serta menyelsaikan permasalahan dalam rangka mencapai sasaran LTT periode Oktober 2016 - Maret 2017.

“Diharapkan agar seluruh penanggungjawab Kabupaten selalu memantau perkembangan Luas Tambah Tanam (LTT) di wilayahnya,” ujar Susanto 

Selain itu dalam rangka mempercepat target tanam di Kabupaten Seluma, dilakukan koordinasi dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Seluma yang dilakukan di Ruang Kerja Bupati yang dihadiri oleh Bupati Seluma H. Bundra Jaya, Sekda Seluma Irihadi, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Buyung Azhari, Kepala Dinas Kabupaten Seluma Marah Halim dan Dandim 0425/Seluma Letkol Inf. Arif Budi Rahman. (p/mk)