Kementan Bakal Kirim 10 Juta Pohon Cabai ke Ibu-Ibu PKK

By Admin


nusakini.com - Kementerian Pertanian (Kementan) akan membagikan 10 juta pohon cabai ke seluruh Indonesia. Targetnya adalah ibu-ibu anggota PKK seluruh Indonesia.  Pohon cabai yang dikirim berusia 60 hari di dalam polybag. 

"Kita putuskan kemarin saya akan kasih 10 juta pohon cabai untuk ibu-ibu PKK seluruh Indonesia, biar tanam di rumah. Petani tetap tanam untuk industri. Cabai kan gampang ini," ungkap Dirjen Hortikultura Kementan Spudnik Sujono di Magelang, Jawa Tengah, Jumat, (6/1/2017) malam. 

Langkah ini dilakukan supaya masyarakat dapat memiliki dan memproduksi cabai sendiri di rumahnya. Selain itu, langkah ini juga merupakan cara untuk menekan harga cabai yang melonjak tinggi di beberapa tempat. 

Spudnik mengatakan, Kementan juga telah memberikan pohon cabai ke beberapa Wilayah Jabotabek. 

"September, Oktober, November saya sudah kasih 280 ribu pohon, itu di Jabodetabek," ungkapnya. 

Lebih lanjut, Spudnik mengimbau kepada seluruh pihak, baik itu petani maupun pedagang, untuk tidak menaikan harga cabai di batas wajar. 

"Jadi saya mengimbau janganlah menaikkan harga semaunya. Jadi tolong itu harus dicermati. Sebenarnya kalau berdasarkan hitungan, Rp 40.000 itu juga sudah mahal. Tapi karena situasinya sedang seperti ini karena la nina karena hujan, tapi kalau lebih mahal dari pada ayam kan kacau," tuturnya.(b/mk)