Kemenkop dan UKM Dorong Daya Saing Produk KUMKM Sulsel

By Admin

nusakini.com--Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) komitmen mendorong daya saing dan perluasan pasar produk KUMKM di Provinsi Sulawesi Selatan. 

Upaya yang dilakukan Kemenkop dan UKM yakni melalui kegiatan 'Konsultasi dan Pemberkasan Standarisasi Sertifikasi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) produk KUMKM', dan 'Konsultasi dan Pemberkasan Standarisasi Mutu dan Sistem Mutu Produk KUMKM yang Potensial Ekspor', di Hotel Gammara Makassar, Selasa (24/4).  

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Abd. Malik Faisal menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya atas penunjukan Sulsel sebagai tempat pelaksanaan kegiatan strategis tersebut. 

"Kami berharap para pelaku UMKM memanfaatkan moment yang sangat strategis ini. Kegiatan ini juga sebagai bukti perhatian pemerintah terhadap kebutuhan pengembangan UMKM khususnya di Sulsel," terang Malik Faisal. 

Menurut Malik Faisal, peran pemerintah melalui Kemenkop dan UKM ini merupakan upaya memperkuat daya saing sektor riil di pasar nasional maupun global.  

"Kegiatan yang dilakukan hari ini tentu diharapkan bisa meningkatkan program daya saing, serta nilai tambah dan perluasan akses pasar bagi produk KUMKM. Ini penting, mengingat pertumbuhan dan perkembangan usaha mikro, kecil dan menengah menjadi salah satu penggerak roda perekonomian di daerah," jelasnya. 

Disamping itu, peningkatan daya saing produk pelaku UKM juga dinilai sangat strategis dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).  

"Ini sangat krusial karena Komunitas Ekonomi ASEAN menawarkan keuntungan sekaligus ancaman, dimana nantinya barang import akan memenuhi pasar di Indonesia," pungkasnya. 

Dalam kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu, Asisten Deputi Standarisasi dan Sertifikasi, Sitti Darmawasita hadir mewakili Deputi Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM RI.(p/ab)