Kemenko Gelar Rakor Program Science and Techno Park

By Admin

Foto/dok. Kemenko PMK   

nusakini.com - Guna membahas perkembangan dan tindaklanjut Program Pembangunan Science and Techno Park (STP) pasca Evaluasi Mandiri oleh Kementerian/Lembaga. Deputi bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, Agus Sartono, hari ini, Kamis (23/3/2017) membuka dan memimpin rapat koordinasi tingkat Eselon I tentang program pembangunan STP, di Ruang Rapat Lt.2, Kemenko PMK.

Agus meminta progress pembangunan 22 STP pasca Evaluasi Mandiri yang tersebar di berbagai daerah dari masing-masing K/L yang melakukan pengembangan STP dan memaparkan hasil evaluasinya, yakni kemristekdikti, kementerian pertanian, kementerian perindustrian, LIPI, BPPT, serta BATAN.

Beberapa di antaranya adalah riset serta pengembangan techno park di berbagai daerah di Indonesia seperti pengembangan pangan antara lain bibit Padi, talas, jagung, rumput laut dan ikan nila. “Untuk mewujudkan swasembada pangan, tidak hanya melihat STP saja tapi melihat dari dampaknya yang besar mampu membantu masyarakat, tidak perlu impor dari luar negeri tetapi kita mampu memproduksi sendiri,” ujar Agus.

Agus melanjutkan “Proyeksi kita ini sampai tahun ke-5 nanti kita lihat bagaimana hasilnya dalam bentuk angka dan gambar untuk dilaporkan ke rakor tingkat menteri, sedangkan program ini sudah berjalan 2,5tahun."

Agus berharap bahwa program ini berjalan dengan baik dan dapat membawa dampak yang sangat besar yaitu membantu para petani dan masyarakat untuk mewujudkan swasembada pangan. Pengembangan STP merupakan salah satu program nasional dari butir ke-6 Nawacita pemerintahan Joko Widodo yang bertujuan untuk membangun perekonomian melalui ilmu pengetahuan dan teknologi.

Hadir dalam rakor ini kemristekdikti, kementerian pertanian, kementerian perindustrian, LIPI, BPPT, serta BATAN serta beberapa perwakilan kementerian dan lembaga lainnya.(p/mk)