Kemenkes RI Beri 72 Komputer dan Printer Ke Puskesmas di Makassar

By Admin

nusakini.com--Kementerian Kesehatan RI melalui Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) menyerahkan hibah berupa barang tehknologi informasi kepada Dinas Kesehatan Kota Makassar tim leader Kemenkes Isti Ratna Ningsi menyerahkan langsung kepada Kadis Kesehatan Kota Makassar Naisyah Tun Azikin bertempat dikantor Dinas Kesehatan Kota Makassar Jalan Teduh Bersinar, Kamis (22/7).   

"Kami mendukung tingkat pelayanan kesehatan paling bawah seperti Puskesmas atas kelola data agar berkualitas lebih baik, dengan projek penguatan sistem Kesehatan" kata ibu   

Menurutnya penguatan data informasi dan pelayanan kesehatan haruslah didukung dengan alat yang memadai dengan sistem online dan terkoneksi langsung ke Kementerian Kesehatan. Apalagi beberapa puskesmas masih mengunakan sistem dengan data yang manual hingga menyebabkan human eror lebih banyak.   

"Kita latihan studi banding puskesmas daerah lain, sudah mengimplementasikan sistem informasi ke Puskesmas, kita sediakan komputer yang bisa digunakan di puskesmas sehingga bisa mendapatkan data yang akurat, baik dan tepat waktu. Banyak puskesmas masih manual, kita butuh waktu, karena kualitas data dari puskesmas tersebut masih dipertanyakan keakuratannya," jelasnya. 

"Insyallah, SDM, peralatan dan beberapa Kabupatan seperti Kota Makassar sudah menuangkannya dalam regulasi Perwali Makassar," tambahnya. Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan dalam upaya meningkatkan dan memperkuat pencapaian kualitas data kesehatan yang lebih baik membutuhkan upaya untuk memperkuat Sistem Kesehatan Nasional melalui penguatan kualitas data Sistem Informasi Kesehatan. 

"Kota Makassar telah menetapkan pendekatan teknologi informasi dalam pelaksanaan visi pembangunannya. Hal ini tertuang dalam program “Makassar Smart City” yang menekankan pendekatan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan publik khususnya dalam bidang pelayanan kesehatan," kata Naisyah.   

Pendekatan teknologi Informasi ini dalam melaksanakan upaya pembangunan adalah salah satu fokus Pemerintah Kota Makassar, untuk menghasilkan kebijakan yang optimal. Hal ini pun sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Makassar Tahun 2014-2019. Salah satu fokus penguatan Sistem Infomasi Kesehatan yang ada di Indonesia yaitu dengan Penataan Data Transaksi di fasilitas pelayanan kesehatan antara lain melalui Penerapan SIKDA Generik, yang diharapkan mampu menyediakan infomasi untuk membantu proses pengambilan Puskesmas dan Dinas Kesehatan dalam mencapai keputusan melaksanakan manajemen.   

Kementerian Kesehatan RI menyerahkan 72 barang dan jasa di Puskesmas di Makassar, barang ini berupa, komputer, printer dan LCD yang akan diperuntukkan untuk Penataan Data Transaksi di fasilitas pelayanan kesehatan antara lain melalui Penerapan SIKDA Generik, yang diharapkan mampu menyediakan infomasi untuk membantu proses pengambilan data Puskesmas dan Dinas Kesehatan dalam mencapai keputusan. (p/ab)