nusakini.com - Jakarta - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI bersama World Health Organization (WHO) Indonesia melakukan kunjungan kerja ke Kantor PD PAL Jaya di Jl Sultan Agung, Setiabudi, Jakarta Selatan.


Kepala Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Kemenkes RI, Zainal Ilyas Nampira menuturkan, dalam kunker ini pihaknya ingin mengetahui pengelolaan serta meminta sampel air limbah dari PD PAL Jaya.


"Sampel air limbah akan digunakan untuk penelitian dalam program pemberantasan penyakit polio. Kami mengambil 500 mililiter air limbah untuk diuji laboratorium," kata Zainal


National Professional Officer World Health Organization (WHO) Indonesia, Sidik Utoro menuturkan, pihaknya ingin melihat langsung demonstrasi pengambilan contoh air limbah di PAL Jaya untuk diperiksa apakah terdapat virus polio.


"Virus polio bisa disebabkan dari tinja, sehingga pengawasan dan penelitian perlu rutin dilakukan. Sampai saat ini belum ditemukan adanya virus polio dari air limbah di sini," terangnya.


Sementara, Direktur Utama PD PAL Jaya, Subekti mengungkapkan, dirinya menyambut baik adanya kunker dari Kemenkes RI dan WHO Indonesia.


"Kami terbuka dengan instansi pemerintah maupun Non Goverment Organization (NGO) untuk bekerjasama mewujudkan sanitasi sehat di Ibukota," tandasnya.(pr/kj/al)