Kemenhub Telah Antisipasi Arus Mudik Lebaran 2016

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Jauh sebelum hari lebaran, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan telah mengantisipasi persoalan arus mudik lebaran 2016 dengan menetapkan masa angkutan lebaran tahun 2016.

Menurut Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub J. A. Barata di Jakarta, Jumat (08/04/2016), bagi moda darat, udara dan perkeretaapian penetapan masa angkutan lebaran dimulai 24 Juni sampai dengan 17 Juli 2016. Sedangkan untuk moda laut akan berlangsung mulai dari 18 Juni sampai dengan 24 Juli 2016. 

Adapun hal lain yang perlu diinformasikan menyangkut angkutan lebaran 2016 ini, bahwa angkutan sepeda motor gratis masih akan diselenggarakan dengan moda kereta api dan darat.  

Tahun ini konsentrasi angkutan sepeda motor gratis akan bertumpuh pada moda kereta api. Kapasitas angkutan sepeda motor gratis yang disediakan moda kereta api dapat mencapai 15.000 unit sepeda motor atau hampir tiga kali lipat kapasitas angkut tahun lalu.

 Sementara angkutan sepeda motor gratis melalui moda laut saat ini tengah dipertimbangkan untuk tidak diselenggarakan mengingat efektifitas dan efisiensinya telah digantikan oleh moda kereta api yang menambah kapasitas angkut sepeda motor gratisnya.

Dengan ditetapkannya kepastian waktu masa angkutan lebaran tahun 2016 ini, diharapkan agar semua pihak yang terkait dapat mempersiapkan secara lebih baik keterlibatannya dalam angkutan lebaran. (ip/mk)