Kemendikbud Nyatakan Siap Laksanakan UN

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyampaikan bahwa 100 persen daerah di Indonesia telah siap melaksanakan Ujian Nasional (UN). Kesiapan Ujian Nasional dipastikan baik pada yang Berbasis Komputer (UNBK) maupun UN Pensil Kertas  (UNPK) di seluruh tingkatan.

Menurut Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (kapuspendik), Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), Kemendikbud, Nizam, distribusi sudah dilakukan seminggu atau dua minggu sebelum hari pelaksanaan UN.

"Kalau yang susah jangkauannya sudah dilakukan seminggu atau dua minggu sebelum hari H. Sementara kota besar yang mudah jangkauannya dilaksanakan tiga hari sebelum pelaksanaan”, ujar Nizam di Jakarta Senin (28/3/2016)

Nizam juga menambahkan, pihaknya akan berupaya  untuk meningkatkan pengawasan agar kecurangan UN bisa berkurang. Dalam hal ini, dia melanjutkan, intensitasnya yang akan ditambah.

Saat ini Kemendikbud telah menyediakan 770 ribu pengawas yang terdiri dari para guru dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP). Menurut Nizam, rasio antara peserta dan pengawas itu memang harus 1:10. Dengan kata lain harus ada satu pengawas dalam satu ruang kelas pelaksanaan UNBK.

"Sementara untuk yang UNPK harus ada dua pengawas dalam satu kelas yang berjumlah 20 orang," pungkasnya. (mk)