Kemendikbud Gelar Pelatihan Buat Sineas Muda

By Admin

nusakini.com--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyelenggarakan pelatihan bagi 100 sineas muda dari sejumlah sekolah menengah atas (SMA) sederajat di Tanah Air. Mereka mengikuti lokakarya film tingkat dasar yang diselenggarakan di Bogor, 24 Mei hingga 31 Mei.

"Kami melakukan pembinaan dengan memberikan pelatihan bagi sineas muda dari sejumlah daerah," ujar Kepala Pusat Pengembangan Perfilman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Maman Wijaya di Jakarta Jumat (27/5). 

Pelatihan yang diberikan yakni penulisan skenario sinematografi dan penyutradaraan. Maman mengatakan film-film karya anak negeri mengalami kebangkitan. Prestasi terbaru yakni film Prendjak garapan sutradara Wregas Bhanuteja mendapat penghargaan film pendek terbaik di La Semaine de la Critique Festival de Cannes, Prancis baru-baru ini.

Sejumlah profesional di bidang perfilman menjadi pengajar dalam lokakarya tersebut. Di antaranya Dimas Cendekiawan, Baskoro Adi, Totot Indarto, Aria Kusumadewa dan sebagainya.

Lokakarya tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para sineas muda. Sineas muda yang dipilih berasal dari sekolah-sekolah yang mendapatkan bantuan fasilitas studio perfilman. Maman menyebut ada 38 sekolah yang mendapatkan bantuan tersebut pada tahun lalu. (p/ab)