Kemendikbud Dorong Keterlibatan Publik Dalam Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter

By Admin

nusakini.com--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus mendorong keterlibatan publik untuk mengambil peran dalam Program Penguatan Pendidikan Karakter  (PPK). Salah satu wujud konkret pelibatan publik dalam gerakan PPK ditunjukkan dengan dukungan PT. Yamaha Musik Indonesia dalam penguatan karakter melalui seni budaya. 

“Presiden menyampaikan pesan kepada Mendikbud agar pendidikan karakter menjadi perhatian utama di bidang pendidikan, khususnya pendidikan dasar, baik melalui kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler yang dapat mengubah cara pikir anak-anak kita," disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen), Hamid Muhammad dalam penyerahan secara simbolik alat-alat musik ke beberapa sekolah dasar (SD) dalam rangka gerakan PPK, di kantor Kemendikbud, Jakarta, Kamis (14/9). 

Presiden Direktur PT. Yamaha Musik Indonesia Shinichi Takenaga menyampaikan dukungannya terhadap gerakan PPK. "Kami merasa sangat terhormat mendapat kesempatan berkontribusi dalam pengembangan sistem pendidikan di Indonesia dalam kerangka Penguatan karakter untuk generasi muda Indonesia," ujarnya. 

Dilanjutkan Shinichi, melalui donasi ini pihaknya berharap Kemendikbud dapat membentuk sekolah-sekolah model sehingga mereka bisa menjadi referensi bagi sekolah lainnya dalam menerapkan Penguatan Pendidikan Karakter melalui pendidikan seni dan budaya. 

Pada kesempatan yang sama Direktur SD, Wowon Wirdayat mengatakan, kerja sama yang dilakukan Kemendikbud dengan PT. Yamaha Musik Indonesia ini merupakan salah satu bentuk implementasi penguatan pendidikan karakter yang melibatkan dunia usaha dari musik melalui corporate social responsibility. 

"Kita harapkan akan lebih banyak dunia industri yang berpartisipasi dalam mendukung peningkatan kualitas pelayanan pendidikan Indonesia, khususnya dalam Program Penguatan Pendidikan Karakter," jelas Wowon. 

Kemendikbud telah menjalin kerja sama dengan PT. Yamaha Musik Indonesia sejak tanggal 2 Juni 2017 dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman untuk mendukung gerakan PPK di Sekolah Dasar melalui pembelajaran seni dan budaya. Tahun ini PT. Yamaha Musik Indonesia memberikan donasi 4.431 unit keyboard, 490 pianika dan 490 buah recorder/suling untuk sekolah dasar di seluruh Indonesia. (p/ab)