Kemendikbud Bakal Buat Pojok Pameran Khusus untuk Karya Pak Raden

By Admin


nusakini.com Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bakal memfasilitasi perawatan karya-karya seniman dan pendidik almarhum Suyadi alias Pak Raden. Rencananya, Kemendikbud akan membuat membuat pojok pameran khusus agar masyarakat Indonesia dapat belajar dari karya Pak Raden.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, mengatakan Kemendikbud menerima usulan dari keluarga Pak Raden yang ingin 'menitipkan' dan meminta bantuan perawatan karya beliau. "Kami akan merawat dan meneruskan karya beliau. Pihak keluarga menitipkan kepada kami, tentunya nanti akan disiapkan juga kajian hukumnya sehingga di kemudian hari tidak ada perdebatan," jelas Anies usai audiensi dengan keluarga Pak Raden di Jakarta, Rabu (23/3/2016).

Karya-karya Pak Raden yang akan dititipkan antara lain berupa sketsa, lukisan, tulisan dan buku-buku cerita anak dan boneka wayang. Karya-karya itu rencananya akan dikumpulkan dan dibuatkan pojok khusus agar bisa dipamerkan kepada masyarakat.

Menurut Menteri Anies, perawatan terhadap karya-karya Pak Raden nantinya akan dibiayai dari APBN. "Untuk pojok pameran nantinya bisa dipilih tempatnya, apakah akan ditempatkan di Kemendikbud, di museum atau galeri nasional," ucapnya.(mk)