Kemendesa Genjot Pelatihan Desa Online

By Admin

nusakini.com--Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) sedang digenjot untuk percepatan perekonomian dan pembangunan di desa. Salah satu caranya yang sedang dilancarkan yakni memberikan pelatihan aplikasi Desa Online sebagai sarana memperkenalkan kondisi dan potensi desa seluruh Indonesia. 

Hal itu dikatakan Kepala Badan Pengembangan Penelitian Pelatihan Dan Informasi (Balilatfo) Kemendesa PDTT, M. Nurdin di Jakarta. Kata dia, aplikasi desa online ini yang akan mampu mempercepat desa membangun. Segala informasi tentang desa ada di dalamnya. "Tidak hanya soal proses pembangunan desa, hingga potensi desa, produk unggulan desa yang bisa dipromosikan melalui internet," ujarnya. 

"Kita harus bergerak cepat. Program ini sudah berjalan, dan kita langsung melakukan pelatihan untuk para user (pengguna) di daerah. Untuk tahun 2016 ini, kita persiapkan ada 200 perwakilan desa yang kita latih. Belum lama ini di Balikpapan, Kalimantan Timur. Selanjutnya di Makassar, NTT dan Jawa Barat hingga Papua," ujar M. Nurdin. 

Dengan adanya aplikasi desa berbasis web ini, M. Nurdin mengatakan, desa-desa di Indonesia tak lagi terisolasi dan akan lebih melek tekhnologi. "Karena sudah ada akses informasi untuk memperkenalkan potensi desa secara cepat sampai ke desa lainnya hingga seluruh masyarakat Indonesia," ujarnya. 

Sehingga di masa mendatang, aplikasi desa online ini akan mempermudah informasi apapun mulai dari perencanaan, pelaksanaan pembangunan, termasuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) bisa disampaikan kepada masyarakat desa dan terdokumentasi dengan baik. "Semua apapun yang ingin diketahui masyarakat Indonesia terkait desa, potensi dan lainnya sudah bisa diakses," ujarnya. 

Desa online dengan url https://desa.kemendesa.go.id merupakan produksi Pusat Data dan Informasi Balilatfo untuk mendukung program agenda prioritas Presiden Jokowi Widodo dalam nawacita ketiga yakni Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. (p/ab)