Kemendes PDTT Ramaikan Hari Kemerdekaan di Sebatik dengan Pasar Murah dan Pelayanan Kesehatan

By Admin

nusakini.com--Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) siap menggelar pasar murah untuk meramaikan peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia di Pulau Sebatik, Kalimantan Utara. Penyediaan bahan pokok di pasar murah tersebut bekerjasama dengan BULOG, BRI, BNI, Bank Mandiri, Bank BTN, dan Pegadaian. 

“Kami ingin mewujudkan negara hadir di perbatasan. Kami juga ingin menggelorakan semangat kerja bersama dan mengkampanyekan gerakan Aku Cinta Rupiah sebagai bukti nyata nasionalisme kita,” ujar Kepala Biro Humas dan Kerjasama, Fajar Tri Suprapto, di Jakarta.

  Fajar menambahkan, pasar murah akan diadakan di Lapangan Sei Nyamuk, Desa Sei Pancang, Pulau Sebatik, Kalimantan Utara, pada 15 - 17 Agustus. Sejumlah kebutuhan pokok dan bahan sandang lainnya akan dijual dengan harga yang jauh lebih murah dari harga pasaran. Masyarakat akan mendapatkan satu paket sembako dengan harga Rp 50.000,00. 

  “Jadi dalam paket itu ada 5 kilogram beras, 2 kilogram gula pasir, 1 liter minyak goreng, susu kental manis 1 kaleng, dan 5 bungkus mie instan. Jika di pasaran, harganya bisa mencapai Rp 130.000. Tapi tidak di pasar murah besok,” sambungnya. 

Semua elemen masyarakat diundang untuk dapat meramaikan dan membeli komoditas di pasar murah tersebut. Pihak kecamatan dan kepala desa akan membantu mengkoordinir partisipasi masyarakat.  

“Ke depan, kami berharap setelah adanya pasar murah tersebut, akan hadir Rumah Pangan Kita (RPK). RPK yang dikoordinir oleh BULOG akan menjadi sentra distribusi sembako di Pulau Sebatik,” pungkasnya.

Kegiatan pasar murah merupakan rangkaian kegiatan dari Upacara Kemerdekaan yang digelar di Pulau Sebatik. Mendes PDTT, Eko Putro Sandjojo, akan menjadi Inspektur Upacara (IRUP).  

Selain pasar murah, Kemendes PDTT juga menggelar layanan pemeriksaan kesehatan sebagai bentuk bakti sosial kepada masyarakat desa. Kegiatan tersebut akan digelar selama tiga hari, dimulai sejak tanggal 15 Agustus mendatang di Lapangan Sei Pancang. (p/ab)