Kemendagri Siap Dukung SP4N LAPOR

By Abdi Satria


nusakini.com-Batam- Kementerian Dalam Negeri melalui Kepala Pusat Penerangan menyatakan kesiapannya dalam mendukung Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) berbasis online dengan aplikasi LAPOR (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat). Hal itu diungkapkannya saat membuka Rapat Koordinasi Pengelolaan Pengaduan dan Informasi Publik di Ballroom Cendrawasih, Golden View Hotel, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (08/09). 

“Prinsipnya kami mendukung SP4N LAPOR, bagaimanapun penanganan pengaduan yang efektif akan memberikan penyelesaian bagi masyarakat serta berkontribusi langsung terhadap perbaikan tata kelola pemerintahan yang baik dan memperkuat fungsi pelayanan publik,” kata Bahtiar. 

Dilanjutkan Bahtiar, dukungan Kemendagri terhadap adanya sistem pengaduan yang terintegrasi dan terpusat harus dipenuhi dengan kesiapan sistem dan Pemerintah Daerah, terutama bagi Pemda yang telah memiliki aplikasi atau layanan pengaduan tersendiri. 

“Kedepan, sistem pengaduan kita akan terintegrasi dengan SP4N LAPOR, makanya perlu ada kesiapan terutama bagi Pemda yang telah memiliki aplikasi sendiri, termasuk nanti SaPA (Sarana Pengaduan dan Aspirasi (SaPA) Kemendagri juga akan beralih ke SP4N LAPOR,” imbuhnya. 

Dengan adanyan SP4N-LAPOR, penanganan pengaduan diharapkan lebih efektif sehingga pelayanan dapat dilakukan secara maksimal. Pemanfaatan SP4N-LAPOR! Juga dapat mencegah terjadinya tindak pidana korupsi, mengurangi konflik sehingga membantu terciptanya rasa aman di tengah-tengah masyarakat. 

Dengan adanya koordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), diharapkan seluruh sistem pengaduan pelayanan publik milik pemerintah daerah baik Provinsi, Kabupaten dan Kota dapat terhubung atau terintegrasi dengan Sistem Pengelolaan Pengaduam Pelayanan Publik Nasional (SP4N) yang saat ini dikelola Kementerian PANRB.(p/ab)