Kemendag Minta Daerah Tingkatkan Kualitas dan Standar Komoditas Ekspor

By Admin

nusakini.com-- Kementerian Perdagangan (Kemendag) meminta pemerintah daerah terus meningkatkan kualitas dan standar komoditas sehingga target peningkatan kinerja ekspor bisa tercapai. Hal itu dikatakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Perdagangan RI Srie Agustina di Manado, Jumat (20/5).

"Kemendag berupaya mencapai perdagangan ekspor nonmigas, karena itu pemerintah daerah diharapkan meningkatkan kualitas komoditas dan mampu meningkatkan nilai tambah," ujar Srie.

Dia mengatakan pihaknya mencatat target ekspor di tahun 2016 tumbuh sembilan persen, sehingga akses pasar ke luar negeri akan terus dilakukan. 

"Upaya peningkatan ekspor terus dilakukan yakni dengan kualitas dan standar produk yang harus dilakukan dari daerah," jelasnya. 

Ada beberapa komoditas ekspor yang telah meningkatkan kualitas dan satandar produk seperti Kokoa yang telah diterima oleh pasar internasional serta Udang yang tidak lagi dikomplain soal bakteri salmonela.

"Kami mengupayakan agar penghambat ekspor tidak akan ada lagi sehingga hasil pelaku usaha di Indonesia akan semakin diterima pasar luar negeri," jelasnya. (p/ab)