Kemendag Gandeng Tujuh Perusahaan Ikut Pameran Otomotif Di Turki

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Kementerian Perdagangan menggandeng tujuh perusahaan otomotif untuk mengiikuti ajang Automechanika Istanbul 2016 di Tuyap Convention and Congress Center, Istanbul, 7-10 April 2016. 

Ketujuh perusahaan itu adalah PT. Tri Mega Baterindo, PT. Buanatama Metalindo, PT. Indobatt Industri Permai, PT. Elang Perdana Tyre Industry, PT. Supreme Belting Perkasa, PT. Jimco Sukses Indonesia, dan PT Multistrada Arah Sarana. 

Hal itu diungkap Direktorat Jenderal (Ditjen) Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag, Nus Nuzulia Ishak. "Kami pasar Eropa dan Asia (Eurasia), khususnya Turki. Tujuan kami ke Turki untuk memperkuat surplus ekspor nonmigas produk-produk otomotif," ujarnya. 

Menurut Nus, pemilihan ketujuh perusahaan ini karena dinilai mampu menyedot perhatian buyers Eropa dan Asia untuk mendongkrak angka ekspor nonmigas produk otomotif. 

Kemendag berharap di ajang ini bisa meraih pembelian besar terutama pada produk baterai kendaraan, filter oli, dan ban kendaraan.

Automechanika Istanbul 2016 akan menyuguhkan produk-produk terbaru yang digelar dalam empat kategori, yaitu parts and components, electronics and systems, accessories and customizing, serta car wash and car reconditioning." Automechanika Istanbul 2016 menjadi platform pengembangan bisnis dan bertemunya eksportir dan importir produk otomotif di wilayah Eurasia," jelas Nus. 

Automechanika Istanbul 2016 juga merupakan pilihan profesional untuk original equipment manufacturer (OEM) dan penjualan aftermarket. 

Partisipasi Indonesia merupakan yang pertama kali, pada ajang yang telah berlangsung untuk ke-10 kalinya itu. 

Berdasarkan catatan Kemendag, total ekspor nonmigas Indonesia ke Turki pada 2015 mencapai 1,15 miliar dollar AS dengan menunjukkan surplus sebesar 909 juta dollar AS. 

Komoditas ekspor Indonesia ke Turki terbesar adalah tekstil, produk kertas, karet, batu bara, dan komponen kendaraan. (ab)