Kemenag Siap Gandeng Organ Mahasiswa Kampanye Deradikalisasi

By Admin

nusakini.com--Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan, Kemenag siap bekerja sama dengan berbagai elemen anak bangsa dalam mengkampanyekan deradikalisasi, termasuk dengan organ kemahasiswaan. 

“Kemenag siap bekerja sama dengan PMII, IMM, HMI dan lain sebagainya, untuk kampanye tentang deradikalisasi, khususnya di kalangan mahasiswa, santri dan pelajar,” terang Menag saat menerima para Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) di Ruang Kerja Menag, Jakarta, Rabu (18/05) siang. Menag melihat, ada beberapa program yang bisa disinergikan, antara lain: kursus pemahaman kebangsaan dan pendidikan multikultural. 

PB PMII berkunjung ke kantor Menag dalam rangka membahas agenda pertemuan mahasiswa sedunia. Hadir dalam kesempatan ini, Ketua UMUm PB PMII Aminuddin Ma’ruf, Sekjen L Sa’adullah, Bendahara Umum AR Hasibuan, dan beberapa pengurus harian lainnya. Kepada Menag, mereka menyamaikan bahwa akan menggandeng beberapa organ ekstra lainnya, seperti HMI, IMM, HIKMAH BUDHI, KMHDI, PII, GMNI, GMKI, PMKRI dan lain sebagainya untuk ikut serta dalam penyelenggaraan pertemuan akbar itu. 

“PMII kini mempunyai 553 komisariat, 228 cabang dan 24 korcab. Beberapa provinsi disatukan korcabnya seperti Papua dan Papua Barat, Maluku Utara dan Gorontalo, Jateng dan DIY, Jatim dan Bali untuk mempermudah koordinasi dan kaderisasi” terang Amin.  

Kepada Menag, Amin menyatakan bahwa PMII siap bersinergi untuk kampanye deradikalisasi. “Di kampus-kampus yang PMII nya mayoritas, insya Allah paham radikalismenya rendah,” imbuh Amin. 

Didampingi Sesditjen Pendidikan Islam Ishom Yusqi dan Plt. Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al Quran Mukhlis M Hanafi, Menag berharap PMII ikut serta dalam memberdayakan rohis sekolah dalam kampanye deradikalisasi dan pengkaderan. “Litbang kita mempunyai bahan yang bisa dikaji tentang deradikalisasi Islam,” tuturnya.(p/ab)