Kemenag Harap MCH Sebarkan Informasi Haji Sepanjang Tahun

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta- Kementerian Agama berharap tim Media Center Haji (MCH) untuk menyebarkan informasi haji tidak hanya musim haji saja, tetapi sepanjang tahun. Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Data dan Informasi (Plt Karo HDI) Ali Rohmat, saat menjadi narasumber pada Pembekalan Media Center Haji (MCH) 1440H/2019M, di Jakarta. 

“Awal terbentuknya MCH ini karena ada kebutuhan untuk memberikan informasi tentang haji. MCH ini harapannya dapat memberitakan informasi seputar haji sepanjang tahun. Bukan hanya kondisi perhajian yang terjadi di Arab Saudi saja tapi juga pelayanan haji yang ada di Indonesia,” ujar Ali Rohmat, Selasa (25/06). 

Lebih lanjut, Ali Rohmat menuturkan, Tim MCH yang juga merupakan bagian dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) harus mampu membimbing, melayani, dan melindungi jemaah haji. Bentuk konkret yang harus dilakukan MCH ialah dengan memyebarkan informasi haji secara masif. 

“Edukasi tentang haji harus terus dilakukan. Termasuk di dalamnya pemahaman tentang manasik haji,” imbuh Ali Rohmat yang pernah lama bergelut dalam bidang bimbingan jemaah haji ini. 

Informasi yang harus siap diberikan media kepada publik diantaranya seputar layanan fasilitas yang disiapkan pemerintah, keseimbangan ibadah haji, hingga wawasan mengenai pola hidup dan tradisi di Arab Saudi. 

“Jangan sekedar mencari berita, tapi juga mencerdaskan jemaah kita. Ini merupakan bagian jihad kita. Melalui pemberitaan maupun tulisan kita dapat memberikan edukasi dan informasi seputar perhajian,” pesan Ali Rohmat.(p/ab)