Kemenag Buka Layanan Konseling Beasiswa Luar Negeri pada IIEE 2017

By Admin

nusakini.com--Kementerian Agama akan menggelar Pameran Pendidikan Islam Internasional atau International Islamic Education Expo (IIEE) tahun 2017. Untuk mempermudah akses publik, sejumlah layanan akan disiapkan, salah satunya adalah layanan konseling beasiswa luar negeri. 

IIEE akan digelar dari 20 – 24 November 2017 di ICE BSD Serpong. Ada lebih dari 150 booth pameran yang disiapkan. Sejumlah perguruan tinggi, dalam dan luar negeri, ikut berpartisipasi dalam ajang ini untuk berbagi informasi dan layanan kepada masyarakat. 

“Kami akan siapkan layanan konseling beasiswa kuliah di luar negeri dan penguatan IELTS,” terang Kasi Pengembangan Profesi PTKIN Adib Abdus Shomad di Jakarta, Kamis (08/11).  

Menurutnya, Kementerian Agama sejak tahun 2014 telah menggulirkan program beasiswa 5.000 doktor. Program yang dirilis Presiden Joko Widodo ini digulirkan dalam rangka memperkuat muslim moderat di Indonesia. “Program ini juga menjadi upaya mempromosikan Islam Nusantara ke dunia,” ujarnya. 

“Setiap tahun kami siapkan untuk 1000 calon doktor. Sebanyak 750 untuk doktoral dalam negeri , sisanya untuk kampus luar negeri. Karenanya, konseling dan IELTS kami harap dapat mempermudah akses public terhadap program ini,” sambungnya.  

Konseling juga akan diberikan oleh lembaga pendidikan luar negeri yang memiliki kerjasama dengan Kementerian Agama dalam program beasiswa 5.000 doktor. Selain menawarkan berbagai program pendidikan, mereka juga akan melakukan konseling menyangkut kebutuhan para calon master (P.Hd).  

“Misalnya tentang bagaimana mendapatkan supervisor atau bagaimana membuat proposal P.Hd sesuai standar internasional,” lanjut Adib.  

Adib menambahkan bahwa di IIEE juga akan ada layanan informasi tentang cara mudah meningkatkan nilai dan simulasi IELTS (International English Language Testing System). Layanan ini akan diberikan sejumlah lembaga bahasa yang biasanya menyelenggarakan test IELTS sebagai salah satu kelengkapan lolos ujian beasiswa luar negeri. (p/ab)