Kembangkan Industri Agro - Energi di NTB, Arcandra: Kalau Hasilnya Kertas, Saya Tidak Mau

By Admin


nusakini.com-Jakarta-Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Archandra Tahar menyaksikan penandatanganan naskah Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) ESDM dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). MoU yang ditandatangani oleh Kepala Badan Litbang ESDM, F.X. Sutijastoto dan Gubernur NTB, Zulkieflimansyah ini terkait Kerja Sama Pengembangan, Pemanfaatan Teknologi Berbasis Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi. 

Dalam sambutannya Arcandra menyampaikan bahwa tujuan Kerja sama ini adalah untuk melakukan pengembangan Industri Agro - Energi di NTB dan sekaligus juga peningkatan pasokan bahan bakar nabati berbasis tanaman lokal, seperti tanaman Sorgum dan Rumput Gajah (Napier Grass). Arcandra menegaskan agar hasil nota kesepahaman ini tidak hanya sekedar tulisan di buku, namun memberikan manfaat yang nyata bagi pemerintah setempat.  

"Tujuan nota kesepahaman ini kalau hasilnya hanya kertas (dokumen), saya tidak mau. Saya tidak mau memberikan harapan palsu kepada bapak gubernur," tegas Arcandra, di Jakarta, Kamis (7/2). 

Kerja sama ini juga didukung PT Pertamina, PT Rajawali Nusantara Indonesia dan Toyota Motor Corporation dalam pengembangan bioethaol di Provinsi NTB. Pemerintah Provinsi NTB menawarkan penggunaan lahan hutan produksi (HTP) dengan luas 33.000 hektar di Kabupaten Lombok Utara untuk budidaya tanaman yang cocok untuk pengembangan bahan bakar nabati. 

"Kami sangat bangga sebagai daerah yang menginisiasi program bioetanol. Dengan adanya mitra seperti astra dan pertamina ekspansi ke wilayah Indonesia timur, saya melihat masa depan SDM (Sumber Daya Manusia) Indonesia Timur kedepannya. Dan tugas kita memfasilitasinya semua," terang Zulkieflimansyah.  

Badan Litbang ESDM melalui Puslitbangtek KEBTKE memiliki kemampuan dan pengalaman dalam studi dan pengembangan bahan bakar nabati. Puslitbangtek KEBTKE melakukan penelitian dan pengembangan bioetanol berbasis nira sorghum manis dan telah bekerja sama dengan Universitas Mataram untuk membangun trial plot di Lombok Utara. (p/ab)