Kembangkan Budaya Indonesia Pada 2019 Oregon Asian Celebration

By Admin


nusakini.com-San Francisco-Lebih dari 10,000 orang menghadiri acara Oregon Asian Celebration pada akhir pekan lalu di Lane Events Center, Eugene, Negara bagian Oregon. Acara tersebut menampilkan pameran, bazaar makanan, demo masak, peragaan busana, dan pertunjukan seni dari komunitas Asian American Oregon di kota Eugene. KJRI San Francisco berpartisipasi pada acara tersebut dan mendapatkan apresiasi dari masyarakat setempat atas partisipasi selama hampir 20 tahun. 

Konsul Penerangan, Sosial, dan Budaya, Riena Dwi Astuty, dalam sambutannya menyatakan “Indonesia dan Amerika Serikat sedang merayakan hubungan diplomatik yang ke 70 tahun. Perayaan ini merupakan perayaan keragaman budaya dan menjelaskan pula Indonesia sebagai Negara dengan keragaman suku dan budaya serta agama namun tetap harmonis." 

Tahun ini, selain mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia, KJRI San Francisco juga memperkenalkan kue tradisional dan specialty coffee Indonesia. Selama dua hari kegiatan, sebanyak 350 pengunjung memadati booth Indonesia untuk mencicipi kopi, kue lapis dan keripik pisang. Pengunjung juga menanyakan informasi destinasi pariwisata Indonesia. Beberapa dari mereka adalah turis yang pernah berlibur ke Indonesia dan mereka sangat antusias bertanya berbagai destinasi wisata di Indonesia. 

Komunitas Indonesia yang tinggal di kota Eugene turut berpartisipasi pada peragaan baju kebaya di sesi fashion show, sedangkan pada sesi food demo, masyarakat Indonesia menyajikan bakso kepada para pengunjung. Disamping itu, beberapa kelompok kesenian setempat seperti kelompok seni budaya Bali dari Lane Community College, Gamelan Sari Pandhawa dan Indonesian Performing Arts of Oregon menampilkan kebudayaan Indonesia di panggung seperti tarian Bali dan Gamelan Jawa. 

Chairperson Oregon Asian Celebration, Lourdes G. Birdsall, menyatakan bahwa “Pada acara Oregon Asian Celebration, kami menunjukkan bahwa Asia bukan hanya Tiongkok dan Jepang, tetapi juga Indonesia, Filipina, dan negara-negara Asia lainnya. Acara ini adalah forum pendidikan untuk berbagai orang. Melalui acara ini, semua orang datang bersama dan saling berinteraksi dengan berbagai bangsa dari Asia, sehingga diharapkan dapat lebih memahami keragaman, budaya dan masyarakat di Amerika. (p/ab)