Kedatangan Jemaah Haji di Madinah Berjalan Lancar

By Admin

nusakini.com--Hingga hari kedua kedatangan jemaah haji di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah berjalan lancar. Kepala Daker Airport Madinah Nurul Badruttamam menjelaskan setidaknya 10 kelompok terbang (kloter) telah mendarat di Madinah. 

Menurutnya mereka telah bertolak dari embarkasi sejak hari Selasa kemarin dengan pesawat Garuda Indonesia dan Saudi Arabia Airlines. Data Siskohat menyebutkan sebanyak 17 kloter telah diberangkatkan dari Tanah Air hingga Rabu (10/8) siang.

Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis menjelaskan paling tidak ada tiga hal yang dilakukan jemaah haji saat mendarat di bandara. Pertama proses imigrasi dan pengecekan visa, disini jemaah harus melakukan pengecekan sidik jari. Kedua keluar melalui pintu pemeriksaan, seluruh barang bawaan masuk pemindai barang menggunakan sinar x. Ketiga menuju ruang tunggu dan selanjutnya menuju pemondokan dengan bis. 

Menurutnya proses tersebut memakan waktu sekitar dua jam. "Selama perjalanan menuju hotel, dokumen paspor jemaah haji dikumpulkan oleh petugas dan simpan. Hal ini dilakukan guna menjaga keamanan dokumen jemaah selama di Saudi" tambahSri Ilham kepada MCH. 

Pemeriksaan terhadap barang bawaan jemaah merupakan bagian tak terpisahkan dari proses imigrasi oleh petugas Saudi Arabia. Agar proses lancar dihimbau jemaah memastikan kelengkapan dokumen seperti paspor dan visa serta tidak membawa barang yang dilarang oleh Pemerintah Saudi Arabia, seperti obat-obatan atau rokok secara berlebihan.(p/ab)