Kecamatan Penjaringan Kembangkan Aplikasi Pemantau Kesehatan Siswa

By Al


nusakini.com - Jakarta - Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, tengah mengembangkan aplikasi berbasis website bernama E-UKS (Unit Kesehatan Sekolah). Aplikasi bertujuan menginventarisir data kesehatan siswa seluruh sekolah di wilayah Kecamatan Penjaringan.

Camat Penjaringan, Muhammad Andri mengatakan aplikasi tersebut berisi data kesehatan puluhan ribu siswa mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Aplikasi juga mengklasifikasi tingkatan kategori Sekolah Sehat.

“Perkembangan kesehatan semua siswa ada di aplikasi tersebut. Termasuk kategori standarisasi sekolah sehat se-Kecamatan Penjaringan,” katanya

Dijelaskan Andri, saat ini pengembangan aplikasi masih dalam proses penghimpunan (screaning) data kesehatan siswa di 56 sekolah, negeri maupun swasta. Hasilnya akan ditampilkan dan secara periodik dalam enam bulan sekali diperbarui agar dapat terus memantau perkembangan kesehatan siswa.

Grafik kesehatan siswa yang ditampilkan dalam aplikasi meliputi tinggi dan berat badan hingga penyakit yang diidap siswa antara lain Tuberculosis (TBC), obesitas, asma, diabetes, jantung, kanker, dan anemia. Terdapat pula berbagai tips kesehatan agar dapat diterapkan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Diharapkannya, perkembangan kesehatan siswa dapat terus terpantau melalui aplikasi. Data-data juga sebagai bahan evaluasi bagi orang tua dan petugas kesehatan.

“Kesehatan itu yang utama. Apalagi bagi siswa yang ke depannya akan menjadi penerus bangsa,” tandasnya.