nusakini.com - Begitu banyak pelajaran yang bisa diambil dari peristiwa bencana alam yang pernah melanda Fukushima, Jepang, 11 Maret 2011 lalu. Rasa kebersamaan dan mandiri ternyata menguatkan warga Fukushima menjalani masa-masa setelah bencana tersebut.

Hal ini disampaikan Nurmalahayati Nurdin, peneliti PhD Universitas College London (UCL) berdasar hasil studi penelitiannya di Fukushima.

"Kita ke sini bersama para mahasiswa dari UCL dan ternyata banyak sekali yang bisa dipelajari untuk kita di Indonesia," ujarnya, Senin (14/3/2016).

Rombongan UCL sebanyak 15 mahasiswa melakukan studi penelitian mengenai bencana alam di Fukushima sejak 8 hingga 15 Maret 2016.

"Banyak belajar dari orang Jepang dan ternyata mereka sangat kuat bertahan karena punya rasa kebersamaan saling bantu yang tinggi di antara warga Jepang. Selain itu mereka pun punya rasa mandiri tinggi sehingga tidak tergantung kepada orang lain," tambahnya.

Itu pula sebabnya Jepang tidak membutuhkan bantuan dari luar negeri karena warganya merasa bertanggungjawab atas dirinya sendiri dan independensinya juga tinggi," ujarnya. (am)