Ke Pasar Tangerang, Mentan dan Mendag Blusukan Tengah Malam Pantau Harga Pangan

By Admin


nusakini.com - Pasar Induk Tanah Tinggi di Kota Tangerang, Provinsi Banten pada Senin (22/8/2016) malam mendadak lebih riuh dari biasanya. Dua menteri, seorang direktur BUMN dan beberapa pejabat eselon satu dari dua kementerian menyambangi pasar yang berlokasi di Jl Jenderal Sudirman, Kecamatan Tangerang.

Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman dan Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita dan Direktur Utama Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Djarot Kusumayakti melakukan blusukan untuk memantau fluktuasi harga bahan-bahan pokok di pasar seluas tiga hektar dengan daya tampung maksimal 1.000 ton sayur-sayuran dan buah-buahan. 

Mentan dan Mendag mengaku surprise mendapati harga bawang merah Rp25.000 per kg, dan Mentan langsung berdialog dengan sang pedagang. "Bukan karena saya datang ke sini, kamu bilang harganya Rp25 ribu?"  

"Benar pak, harganya Rp25 ribu per kg sekarang," jawab seorang pedagang. 

Kedua menteri Jokowi pun mengapresiasi harga bahan pokok khususnya bawang merah, karena dua pekan lalu mereka melakukan panen bawang merah di Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah dua pekan lalu, Jumat (12/8/2016). 

"Ketika panen bawang merah di Brebes, harga bawang merah di tingkat petani di kisaran Rp15 ribuan, petani sudah untung, dan setelah sampai di sini harganya Rp25 ribu. Kami terima laporan dari Pasar Induk Kramat Jati harganya Rp24 ribuan padahal dua minggu lalu Rp40 ribuan," kata Mentan Amran. 

Mentan menilai kegiatan sidak pasar tersebut harus berlanjut untuk memastikan harga bahan pokok khususnya beras, bawang merah, cabai dan gula stabil.(p/mk)