KBRI Zagreb Perkenalkan '10 New Balis'

By Admin

nusakini.com--KBRI Zagreb promosikan 10 tujuan wisata baru Indonesia, '10 New Balis'. Dikemas dalam lokakarya "Indonesia-Croatia Travel Agents Workshop", acara ini digelar di sela-sela partisipasi KBRI pada pameran pariwisata internasional terbesar di Kroasia, Place2Go pekan lalu.

"Salah satu misi Indonesia pada Place2Go tahun ini adalah membatu memperluas jaringan pemasaran produk wisata Indonesia di kawasan Eropa Tenggara," demikian disampaikan Kuasa Usaha Ad-interim KBRI Zagreb, Widjoseno Sastroamidjojo, pada lokakarya yang dihadiri sekitar 50 agen perjalanan asal Kroasia. 

Widjoseno menjelaskan Pemerintah Indonesia sedang mempromosikan 10 tujuan wisata baru di Indonesia yang disebut '10 New Balis'. Melalui kegiatan ini, diharapkan para agen perjalanan Indonesia yang berpartisipasi pada Place2Go dapat menjelaskan '10 New Balis' kepada mitranya di Kroasia. 

Rangkaian acara workshop diisi dengan presentasi dari para agen perjalanan Indonesia dan dilanjutkan dengan sesi business to business meeting serta networking. Widjoseno menyatakan banyaknya agen perjalan yang datang dari Indonesia tersebut merupakan bentuk pernyataan yang sangat jelas atas meningkatnya ketertarikan Indonesia untuk menemukan dan membuka pasar potensial di kawasan Eropa Tenggara. 

Melanjutkan kesuksesan, tahun 2016 lalu, KBRI Zagreb tahun ini kembali berpartisipasi pada pameran Place2Go dengan memboyong sebanyak 7 agen perjalanan dari Indonesia dan 4 agen perjalanan dari kawasan Eropa. Jumlah partisipasi pada pameran kali ini jauh lebih besar dari tahun sebelumnya yang hanya diikuti 1 agen perjalanan dan 1 hotel. 

Kroasia memiliki potensi pasar pariwisata yang besar, mengingat sebagai negara berpenduduk sekitar 4,2 juta jiwa, Kroasia mampu mendatangkan rata-rata 12 juta wisman setiap tahunnya. Selain itu pertumbuhan ekonomi Kroasia pada kuartal ke-4 tahun 2016 juga mencapai 3,4%. 

"Hal ini menjadi peluang yang baik untuk menjaring wisman asal Kroasia, serta wisman Eropa yang berada di Kroasia untuk berkunjung ke Indonesia", lanjut Widjoseno. Sebagai informasi wisman asal Kroasia ke Indonesia tercatat baru sebanyak 2.504 orang pada tahun 2014. (p/ab)