nusakini.com--KBRI Beirut telah berpartisipasi dalam festival seni dan budaya Nations Day Festival yang pada 9-11 Juni 2017 di Zaituna Bay, Beirut. Pameran tersebut diselenggarakan oleh Beirut Golden Awards, sebuah organisasi di Lebanon yang rutin menyelenggarakan acara acara berskala internasional di Lebanon.   

Dalam setiap pameran, KBRI beirut senantiasa memaksimalkan peranannya dalam mempromosikan potensi ekonomi, budaya dan pariwisata Indonesia kepada masyarakat lebanon. Hal tersebut ditunjukkan dengan penggunaan 2 booth dengan dekorasi yang menjadikan booth Indonesia paling menarik diantara booth Kedutaan besar lainnya. 

Booth KBRI menampilkan furniture dan handicrafts Indonesia, seperti sofa bambu, patung kayu, lampu hias, patung batu, dan guci dll. Dalam memamerkan furniture, handicrafts dan wisata Indonesia, KBRI Beirut bekerjasama dengan Bambooka Gallery milik Taan A. Rahme, seorang pengusaha Lebanon yang banyak mengimpor produk hasil kayu dan rotan dari INDONESIA. 

Selain menampilkan produk furniture dari Indonesia, booth KBRI beirut juga menampilkan potensi budaya dan pariwisata Indonesia. Dekorasi yang indah dan menawan membuat booth kbri beirut paling banyak didatangi para pengunjung.

Video tentang budaya dan pariwisata Indonesia diputar melalui layar besar yang dipasang di booth sehingga membuat para penguunjung berdecak kagum melihat panorama dan keindahan alam indonesia. selain itu juga KBRI Beirut mebagi bagikan brosur yang berisi mengenai potensi ekonomi, budaya dan destinasi pariwisata indonesia. 

Selain menampilkan potensi budaya didalam booth, KBRI Beirut, juga mempromosikan seni budaya Indonesia dengan menampilkan tari Bali dan tari Pitung yang dibawakan oleh para personil Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang tergabung dalam Maritime Task Force (MTF) UNFIL KRI Bung Tomo 357.

Tepuk tangan penonton membuat suasana semakin riuh dan menarik karena penampilan penari dari TNI-UNIFIL sangat memukau para pengunjung. 

Dalam wawancara yang dilakukan oleh Media Lebanon Al-Mimbar, Bapak Imad Yousry, PF. Pensosbud menyampaikan bahwa KBRI Beirut mengapresiasi undangan dari penyelenggara, karena festival ini merupakan ajang bagi interaksi antar budaya serta kesempatan baik bagi pengenalan potensi masing masing negara. 

Partisipasi KBRI Beirut dalam acara Nations Day dianggap merupakan cara yang efektif dan efisien sebagai ajang promosi wisata, budaya, dan ekonomi Indonesia ditengah belum stabilnya konsisi ekonomi Lebanon. (p/ab)