Kawal Distribusi Benih di Pesawaran Meyakinkan Indonesia Jadi Lumbung Pangan Dunia

By Admin


nusakini.com - Lampung - Setelah minggu lalu tim upsus Inspektorat II, Inspektorat Jenderal, Kementerian Pertanian (Kementan) berkeliling melakukan pengawalan distribusi benih dan memastikan lahan ladang siap untuk ditanam seluas 1.060 ha di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, kini bersama Kepala Bidang Tanaman Pangan Kabupaten Pesawaran, melakukan pengawalan distribusi benih sebanyak 2,5 ton untuk lahan seluas 100 ha yang akan dibagikan ke beberapa kelompok tani sehingga dapat langsung dimanfaatkan.

Ketua Kelompok Tani Sido Toto, Kusno mengatakan bahwa benih tersebut kini sudah diterima oleh petani dan kami langsung diajak ke ladang untuk melakukan tanam bersama di lahan kering dengan benih varietas situbagendit.

“Antusiasme para petani terhadap tanam padi gogo ini sangat baik karena mereka sangat mengharapkan lahan yang sebelumnya kurang maksimal kini dengan bantuan pemerintah mereka bisa tanam padi yang bisa diharapkan hasilnya" kata Kusno, Rabu (28/2/2018) lalu.

Selain itu, pada kesempatan tersebut tim UPSUS juga sekaligus mensosialisasikan asuransi pertanian agar ketika petani gagal panen karena banjir, kekeringan dan hama, mereka bisa mengklaim Rp 6.000.000/ha dengan biaya premi sekali musim tanam sebesar Rp 36.000/ha. (p/ma)