Kapal Spirit of Majapahit Berlayar Ke Jepang Pekan Ini

By Admin

Replika kapal Majapahit yang diberi nama "Spirit of Majapahit" akan berlayar menuju Jepang pada pekan ini."Rencananya akan dilepas Kami tinggal menunggu kesiapan beberapa hal, tapi dipastikan tidak lewat dari minggu ini," kata Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Kemenko Kemaritiman Safri Burhanuddin seusai peluncuran Ekspedisi Spirit of Majapahit di Jakarta, Senin (2/5/2016). 

Safri menjelaskan, replika kapal Majapahit itu dibangun sejak 2009 di Madura, Jawa Timur. Dan sejak 2010 sudah dilepas berlayar. Namun, kapal harus kembali lantaran tiupan badai topan di Filipina.

"Kemudian, ada rencana lagi mau berlayar ke Jepang pada 2011, tapi ternyata ada bencana tsunami di Jepang. Lalu ditunda sampe 2012, ternyata pemerintah Jepang belum juga siap menerima. Barulah 2016 ini bisa menerima," katanya.

Menurut Safri, pelayaran yang memakan waktu dua sampai tiga bulan dengan rute Jakarta-Pontianak-Brunei Darussalam-Manila-Taiwan-Okinawa lalu kemudian merapat ke Tokyo untuk dimuseumkan.

Kapal "Spirit of Majapahit" berukuran panjang 20 meter dan lebar 4,5 meter berkapasitas 12 orang.

Menko Kemaritiman Rizal Ramli, dalam kesempatan yang sama, mengatakan pelayaran dari Indonesia ke Jepang pernah dilakukan pada abad ke 13. "Kami akan mengulang pelayaran yang sama dengan kapal berdesain yang sama kali ini. Saya salut pada konseptor dan kru-nya," katanya.(ab)