Kandaskan Petinju Sulut, Blasius ke Final Kejurnas Kapolri Cup I

By Admin

nusakini.com--Petinju Sulawesi Selatan, Blasius Kuruop yang turun di kelas 64 kilogram (Kg) melaju ke partai final Kejuaran Nasional (Kejurnas) tinju amatir Kapolri Cup I 2017 setelah menang angka atas petinju Polda Sulawesi Utara (Sulut), Libertus Gha, Jumat (21/7) malam di GOR Kota Baru, Jambi. 

Blasius akan ditantang Michael Manopo setelah dihari yang sama wakil dari Angkatan Udara Jawa Barat ini mengandaskan salah satu wakil dari Angkatan Darat, Michael Romroman, juga dengan menang angka. 

Perebutan medali emas antara Blasius dan Michael Manopo akan berlangsung Sabtu (22/7) malam. Partai ini akan disaksikan langsung oleh Kapolri Jendral Tito Karnavian yang sekaligus akan menutup Kejurnas ini. 

Ketua Pertina Sulsel, Adi Rasyid Ali mengaku bangga atas capaian ini. Ia berharap petinju binaanya itu mampu mempersembahkan medali emas di event ini. Namun ARA, sapaannya berpesan agar Blasius tidak cepat puas. 

‘’Saya sangat bangga dengan hasil yang telah dicapai Blasius. Ini patut diapresiasi. Tapi jangan cepat puas. Sebab masih ada satu partai lagi yang harus dilalui untuk meraih gelar juara,” katanya. 

Hal senada dikatakan Pelatih tinju Sulsel, Alberth Lala’ar dan Firmanto Muis. ‘’Saya yakin Blasius bisa meraih kemenangan. Yang penting bisa bermain tenang dan tidak terpancing dengan gaya bermain lawan,” ujar Alberth saat dihubungi usai pertandingan. 

Blasius lolos ke final setelah menang di dua partai sebelumnya. Di hari pertama Senin (17/7) petinju berpangkat Prajurit Kepala (Praka) di Batalyon Armed Kodam XIV Hasanuddin ini mengalahkan Juanda Saputra, wakil dari Ogan Komerling Ilir (Oku) Sumatera Selatan dengan TKO di ronde kedua.  

Di partai kedua petinju kelahiran Merauke , 22 Oktober 1984 ini kembali mengulang sukses setelah mengalahkan wakil dari Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) Libertus Gha, Kamis (20/7) juga di ronde kedua. Petinju berdarah Papua ini menang Referee Stops Contes (RSC) . Terahir, Jumat malam mengandaskan Orlando Limahelu. 

Blasius mengaku optimis mampu mempersembahkan medali emas. Ia berharap doa masyarakat Sulsel agar target yang dibebankan kepadanya di kejuaraan ini bisa terwujud. ‘’Kepada masyarakat Sulsel saya berharap doanya agar di final nanti bisa meriah hasil maksimal,” kata Blasius.(p/ab)