Kamaruddin Amin: Perkemahan Wirakarya PTK Harus Sinergi dengan Pengabdian Masyarakat

By Admin

nusakini.com--Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin meminta kegiatan giat bakti dalam Perkemahan Wirakarya bisa disinergikan dengan pengabdian masyarakat. Menurutnya, kegiatan pramuka harus melahirkan ide dan gagasan segar yang bisa dikorelasikan dengan tridharma perguruan tinggi, khususnya terkait pengabdian masyarakat. 

“Kegiatan kepramukaan bisa ditransformasikan ke dalam model pengabdian yang bagus. Demikian juga sebaliknya, program pengabdian masyarakat bisa ditransformasikan dalam gerakan pramuka,” kata Kamaruddin dalam rapat pematangan Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW PTK) XIV di Serpong, Selasa (17/04). PWPTK XIV akan digelar di Riau, 3 - 10 Mei mendatang.  

“Perkemahan mahasiswa juga harus lebih bernuansa akademik yang berbasis penelitian dan pengabdian masyarakat,” sambungnya. 

Di hadapan para Wakil Rektor/Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan PTKIN, Guru Besar Hadits UIN Alauddin Makasar ini berharap PW PTK menjadi sesuatu yang impresif, inovatif, dan bermanfaat untuk jangka panjang dan dirasakan oleh masyarakat. “Kemah yang kita rancang untuk mahasiswa bukan sekedar festivalisasi rutin, kurang fundamental dan impresif, tetapi kemah yang bernilai inovatif dan produktif,” terang Kamaruddin. 

Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Arskal Salim GP mengamini saran Dirjen Pendidikan Islam. Arskal mengatakan bahwa PW PTK merupakan kemah yang berbasis bakti karya sehingga akan meninggalkan jejak-jejak positif untuk masyarakat. 

“Dengan mengusung eco culture tourisme sejatinya merupakan langkah riil untuk mendekatkan antara mahasiswa dengan lingkungan, budaya dan masyarakat,” tandas Arskal. 

Arskal Salim mengatakan, mahasiswa peserta kemah akan melakukan bakti karya membuat objek rintisan wisata pendidikan di desa tempat tinggal (homestay). Objek wisata tersebut diharapkan akan menggerakan masyarakat dan Pemda untuk menindaklanjutinya.  

Kepala Subdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Syafriansah mengatakan PW PTK yang dilaksanakan jelang pesta demokrasi akan disorot banyak kalangan. Karenanya, event ini bisa dijadikan unjuk prestasi dan karya mahasiswa pramuka bina Peguruan Tinggi Keagamaan Islam.  

Koordinasi Persiapan Pelaksanaa PW PTK XIV Tahun 2018 dilaksanakan 16 - 18 April 2018 dan diikuti 57 Wakil Rektor/Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan PTKIN, Tim Pengawasan Penelitian dan Evaluasi (Waslitef) dan para Pembina Pramuka PTKIN. Tampak hadir juga, Kasi Sarpras PTKIN Nur Yasin, Kasi Sarpras PTKIS Otisia Arinindiyah dan Kasi Kemahasiswaan Ruchman Basori. 

Kegiatan PW PTK dijadwalkan akan dibuka pada 3 Mei 2018 oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan dihadiri Ketua Kwartir Nasional Grakan Pramuka dan Gubernur Riau. (p/ab)